Pedoman Mempelajari Pencak Silat, Olahraga Beladiri Asli Indonesia

Olahraga seni beladiri tradisional ini merupakan olahraga yang berasal asli dari Indonesia. Dengan menggabungkan seni antara teknik menari dan teknik bela diri, olahraga ini diyakini selain dapat menyehatkan tubuh para pelakunya juga dapat digunakan sebagai bentuk olahraga perlindungan diri. Olahraga pencak silat, menurut beberapa ahli diprediksikan berasal dari daerah Riau yang pada jaman dahulu juga merupakan daerah asli dari orang melayu. Untuk melakukan olahraga asli Indonesia ini, para pelaku olahraga tersebut dapat melakukan latihan tunggal ataupun berkelompok sesuai dengan ketetapan yang pada umumnya diberikan oleh para pelatih olahraga ini.

Olahraga asli Indonesia ini, pada umumnya banyak dijalankan dengan beberapa teknik dasar dalam gerakannya. Teknik dalam olahraga beladiri yang satu ini lebih menitik beratkan pada teknik penguncian, mengayun dan menjatuhkan lawan pada titik-titik lemah mereka. Teknik dalam olahraga beladiri yang satu ini, dapat dipelajari dan dikuasai secara bertahap dengan panduan dari para ahli beladiri, yang telah terlebih dahulu menguasainya. Sedangkan gerakan dalam olahraga yang satu ini, akan berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia, namun tetap berpangkal pada teknik-teknik dasarnya.

Untuk mempelajari teknik-teknik dalam olahraga beladiri yang satu ini, para calon pemainnya haruslah menguasai pedoman khusus bagi seorang yang memang ingin belajar dalam teknik beladiri yang satu ini. Adapun pedoman dalam mempelajari teknik dalam pencak silat tersebut, antara lain adalah:

  • Memiliki sikap yang tenang dan selalu waspada.
  • Selalu menggunakan kelincahan, ketepatan dan kecepatan dalam setiap timing gerakan yang dilakukan.
  • Selalu mempertimbangkan keseimbangan antara titik lawan dengan pemindahan badan saat permainan.
  • Memanfaatkan tenaga dan serangan dari lawan.
  • Meminimalisir penggunaan tenaga dalam berbagai gerakan.

 Baca Juga: Ini Dia Aliran Dan Perguruan Pencak Silat Yang Paling Terkenal Di Indonesia

Yang menjadikan olahraga beladiri yang satu ini menjadi banyak diminati oleh masyarakat Indonesia secara khusus dan masyarakat dunia secara umum adalah tidak adanya penggunaan senjata apapun untuk menaklukkan lawan yang dihadapi. Hanya dengan mengandalkan kecepatan dan ketepatan gerakan tubuh, lawan pun dapat dilumpuhkan dengan menggunakan teknik beladiri yang satu ini. Olahraga ini juga mampu memberikan tingkat keseimbangan dalam gerakan anggota tubuh, sehingga juga diyakini mampu menjadi olahraga yang menyehatkan.

Olahraga pencak silat merupakan cermin budaya bangsa Indonesia, yang selalu serasi dengan alam serta mampu menjaga sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan mengenal olahraga beladiri yang satu ini, berarti kita telah turut melestarikan budaya dan kesenian yang ditinggalkan oleh para pewaris budaya sebelumnya. Kenalilah olahraga beladiri asli Indonesia ini, rasakan manfaatnya dan selalu lestarikan nilai-nilai budaya dan kemanusiaan yang tertanam didalamnya. Menjadikan olahraga beladiri sebagai bekal diri akan lebih baik untuk dilakukan, dan jangan menggunakannya untuk kepentingan yang merugikan.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply