Pelajari Teknik Dasarnya untuk Menjadi Pemain Tenis Meja Profesional

Pelajari Teknik Dasarnya untuk Menjadi Pemain Tenis Meja Profesional

Tenis meja merupakan olahraga yang dipertandingkan bahkan ia juga sudah mendunia. Olahraga yang satu ini umumnya dimainkan oleh dua orang. Banyak orang yang juga mengenalnya sebagai permainan bola pingpong yang mana ia menggunakan 2 pemain, bola kecil, pemukul, dan menggunakan meja dengan jaring. Pertandingan dalam olahraga ini bisa dimainkan secara tunggal maupun ganda.

Pelajari Teknik Dasarnya untuk Menjadi Pemain Tenis Meja Profesional

Sejarah Olahraga Tenis Meja

Olahraga tenis meja sudah ada sejak abad ke 19 yang dimainkan di Inggris. Olahraga yang satu ini masuk ke dalam olahraga kelas elit pada zaman itu yang biasa dimainkan oleh golongan atas setiap malam seusai makan malam. Nama lainnya selain ping-pong juga disebut sebagai whiff-whaff yang pertama kali diketahui oleh tentara Inggris yang berada di Afrika/India dan dibawanya kembali ke negara asal yaitu Inggris.

Teknik-Teknik Dasar

Sama halnya dengan jenis olahraga lainnya, pada permainan tenis meja ini juga dikenal dengan beberapa teknik dasar. Bagi Anda yang ingin belajar memainkannya, simaklah uraiannya berikut.

Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik memegang raket sangat penting untuk diketahui karena bertujuan untuk sekaligus melatih cara memegang bet tenis. Ada tiga jenis teknik yaitu:

  • Shakehand grip yaitu cara memegang bet layaknya orang berjabat tangan. Dengan teknik ini memungkinkan pemainnya melakukan segala teknik pukulan.
  • Penholder grip yaitu cara memegang bet sama persis seperti sedang memegang pulpen. Dengan teknik ini pemain hanya bisa menggunakan satu sisi bet yang bisa digunakan untuk forehand namun tidak bisa melakukan backhand.
  • Seemiller grip yaitu cara memegang bet seperti teknik shakehand namun dengan jari telunjuk memegang seluruh bagian bet

 

Teknik Berdiri (Stance)

Posisi saat bermain tenis meja bisa dilakukan dengan cara:

  • Side stance yaitu posisi tubuh pemain menyamping ke kiri atau ke kanan dengan salah satu bahu pemain lebih dekat dengan net.
  • Square stance yaitu posisi badan pemain menghadap pada meja. Pada posisi ini kaki pemain bisa digerakkan satu langkah ke depan maupun ke belakang

Teknik Footwork

Pemain tenis meja perlu memperhatikan gerakan kakinya dan bagaimana gerakan lengannya saat melakukan permainan. Pemain harus selalu siap dengan keadaan siku yang tidak jauh dari tengah meja. Umumnya yang digunakan adalah two-step.

Teknik Memukul

Bermain tenis meja, hal yang paling perlu dipelajari adalah teknik memukul. Teknik yang paling umum digunakan sebagai dasar adalah sebagai berikut:

  • Pukulan forehand, yaitu pukulan yang dilakukan apabila bola berada di sisi kanan pemain. Pemukulan dilakukan dengan tubuh lebih rendah dan tangan kanan melakukan pukulan dari arah pinggang. Sudut pada siku yaitu 90 derajat dan cara memegang bet menggunakan penholder.
  • Pukulan backhand, yaitu pukulan yang dilakukan ketika bola berada di sebelah kiri pemain. Siku membentuk sudut 90 derajat dengan posisi tubuh lebih rendah dan mengayunkan lengan ke pinggang kiri.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply