Pengertian dan Sejarah dari Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang berada di Indonesia. olahraga bela diri ini merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia. karena olahraga lahir dari kebudayaan bangsa Indonesia, dalam perkembangannya dipengaruhi oleh watak, bakat dan selera masyarakat yang berada di daerahnya masing-masing. Selain keadaan masyarakat serta sifatnya, faktor alam pun juga mempengaruhi perkembangan olahraga ini, contohnya seperti keadaan sosial, iklim, keadaan tempat yang lainnya. olahraga bela diri ini mempergunakan akal sepenuhnya. Akal yang dimiliki manusia lebih-lebih sempurna dibandingkan dengan yang lain. Oleh sebab itu, tidak mustahil bila manusia bisa menguasai berbagai macam ilmu yang berada di dunia.

Gerak dasar dari bela diri ini merupakan gerakan yang terencana, terarah serta terkoordinasi dan memiliki 4 aspek satu kesatuan yakni mental spiritual, bela diri, olahraga hingga seni budaya. Dengan demikian cabang olahraga ini cukup lengkap dipelajari karena memiliki berbagai macam aspek yang merupakan sebuah kesatuan tubuh dan tidak bisa dipisahkan.

Di Indonesia sebenarnya sudah begitu lama olahraga ini. namun baru terlihat jelas sesudah berdiri organisasi pencak silatSejak saat itu, nama bela diri ini resmi digunakan, sebelumnya di tanah Sumatera cenderung dikenal dengan istilah Silat. Di periode kepemimpinan Eddie M Nalapraya, Indonesia mempunyai hasrat mengembangkan olahraga ini hingga ke mancanegara dengan mengambil pembentukan serta pendirian PERSILAT di tanggal 11 maret 1980 bersama dengan negara-negara lain. Upaya pengembangan olahraga bela diri yang dipelopori Indonesia serta anggota PERSILAT lainnya hingga sekarang ini berhasil menambah anggota PERSILAT. Penambahan anggota ini memberi dampak untuk usaha IPSI serta anggota PERSILAT yang lain untuk memasukkan olahraga ini di multi event yang berada di tingkat Asia.

Melatih otot sangat diperlukan dalam olahraga ini. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot tangan, seperti:

  1. Lakukan stretching terlebih dulu sebelum Anda melakukan aktifitas sehingga meminimalkan terjadinya cidera,
  2. Lakukan gerakan push up minimal 30 kali,
  3. Lakukan latihan angkat beban.
  4. Lakukan posisi kayang dan lakukan gerakan menyerupai push up.

Selain melatih otot tangan, Anda juga bisa melatih pukulan, sehingga gerakan tangan saat pencak silat bisa lebih bertenaga, latihan tersebut seperti:

  1. Ketika jogging, lakukan gerakan dengan cara memukul dengan perlahan kedepan dengan pandangan yang berfokus ke arah depan,
  2. Posisi kuda-kuda, lakukan pukulan ke depan, Anda juga bisa memvariasi dengan pelan, cepat bahkan semakin cepat, lakukan gerakan secara berulang hingga 200 pukulan setiap hari,
  3. Mulai latihan dengan menggunakan alat, contohnya seperti alat yang sederhana,
  4. Latihan dengan menggunakan beban,
  5. Saat latihan menggunakan samsak, pukul samsak dari pelan hingga sekuat tenaga agar bisa mengukur sampai dimana kekuatan pukulan yang Anda miliki.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply