Penting! Inilah 7 Manfaat Olahraga Ibu Hamil

Penting! Inilah 7 Manfaat Olahraga Ibu Hamil

Olahraga menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dibandingkan yang tidak melakukan olahraga, seseorang yang rutin berolahraga akan lebih segar dan bugar hal tersebut berlaku pula pada olahraga ibu hamil. Berbagai manfaat yang didapat seperti kehamilan yang sehat dan melancarkan persalinan sayang untuk dilewatkan. Penting diketahui bahwa ada 7 manfaat yang bisa di dapat oleh ibu hamil saat berolahraga.

Penting! Inilah 7 Manfaat Olahraga Ibu Hamil

  • Mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan

Hal inilah yang banyak memotivasi para wanita untuk melakukan program olahraga ibu hamil secara teratur. Jika selama kehamilan Anda berusaha menjaga kekuatan dan bentuk otot, maka tubuh akan lebih mudah kembali ke bentuk aslinya setelah Anda melahirkan. Saat melakukan olahraga selama masa kehamilan juga bisa mengurangi berat badan anda.

  • Membantu mempersiapkan proses persalinan

Semakin bagus kondisi Anda maka saat proses kelahiran nanti akan semakin kuat. Karena Proses kelahiran membutuhkan stamina, determinasi, dan juga fokus. Berlatih untuk proses kelahiran dengan rutin olahraga bisa mempermudah usaha dan memperpendek rentang waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan.

  • Meningkatkan energi

Kehamilan berpotensi menyedot energi. Anda bisa mengatasinya dengan berolahraga. Gerakan olahraga bisa memperkuat sistem kardio vaskular sehingga Anda tidak mudah capek. American College of Obstericians and Gynecologist (ACOG) mengemukakan bahwa, setiap hari ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan yang aman selama 30 menit atau lebih. Hal tersebut berlaku selama dokter tidak memberi batasan aktivitas yang Anda lakukan.

  • Mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan

Rasa sakit selama kehamilan bisa lebih ditolerir dengan berolahraga. Karena, secara umum olahraga teratur dapat meregangkan dan memperkuat otot-otot. Peregangan dapat mengurangi rasa sakit di punggung. Sirkulasi dapat ditingkatkan dengan olahraga berjalan. Anda juga dapat memperkuat otot abdomen dengan berenang.

  • Tidur lebih berkualitas

Posisi tidur yang nyaman akan sulit didapat saat kandungan mencapai berat 7 kg (atau lebih). Namun, dengan berolahraga justru akan membuat Anda lebih lelap karena energi Anda terbuang sehingga membuat Anda merasa capek.

  • Meningkatkan citra diri

Berat badan meningkat saat mengandung ataupun setelah melahirkan bisa membuat Anda sakit hati. Namun, jika Anda tetap aktif bergerak, maka Anda telah membantu diri sendiri untuk merasa lebih baik. Karena, hal tersebut meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

  • Mengurangi stres dan meningkatkan semangat

Memiliki anak merupakan sebuah perubahan besar dalam hidup Anda. Kehadiran buah hati bisa membuat Anda semakin bersemangat atau justru sebaliknya seperti sering merasa cemas, merasa letih dan sebagainya. Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga ibu hamil mampu meningkatkan tingkat serotonin. Serotonin merupakan reaksi kimia otak yang memengaruhi mood, sehingga Anda menjadi lebih bersemangat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perlu diingat untuk selalu konsultasi kepada dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk rutin berolahraga. Anda bisa menanyakan kondisi dan jenis olahraga yang sebaiknya Anda lakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply