Peraturan dalam Olahraga Sepak Bola Terbaru yang Perlu Anda Ketahui

Di dunia ini banyak sekali jenis cabang olahraga yang bisa dilakukan dan dijadikan suatu pertandingan yang menyenangkan. Tapi dari abad 20an permainan sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling banyak diminati dan juga paling populer diseluruh dunia. Sebagai orang yang mencintai olahraga bola besar tersebut tentu kan menunggu-nunggu jadwal pertandingan yang umumnya disiarkan melalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Bagi penggila bola atau salah satu club bola bahkan sampai melengkapi semua attribute kesehariannya dengan gambar ataupun pernak-pernik yang berbau bola sesuai dengan club yang disukai.

Dalam permainan yang sering dimainkan oleh 11 pemain ini mempunyai kewajiban untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Jadi pemain mana yang lebih banyak memasukkan bola ke gawang lawan dapat dikatakan sebagai pemenang. Mulai dari teknik dasar menendang bola sampai dengan kekompakan tim yang solid dan pemilihan formasi yang tepat akan menjadikan kunci utama kesuksesan dalam sebuah pertandingan bola. Namun, bukan hanya itu saja karena dalam permainan juga perlu adanya aturan yang wajib diperhatikan supaya pertandingan berjalan dengan aman dan suasana tetap kondusif.

Selain itu adanya peraturan juga sebagai rem atau batasan dalam setiap pertandingan yang dilakukan. Jadi pemain satu dengan lainnya mempunyai batasan tidak bisa melakukan tendangan sembarangan, membahayakan lawan atau apapun demi memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Untuk secara resmi peraturan dalam permainan sepak bola telah diatur dan ditetapkan oleh IFAB atau kepanjangan dari International Football Association Board. Inilah beberapa peraturan yang telah ditentukan, antara lain

  1. Ketentuan dalam lapangan permainan bola yang digunakan baik panjang, lebar, luas atau apapun didalamnya.
  2. Menentukan pemakaian bola mulai dari bentuk bola, pembuatan bola, panjang lingkar bola, berat bola, cadangan bola atau lainnya. Karena seperti namanya disini bola merupakan pemeran utama dalam pertandingan.
  3. Penentuan pemain juga telah diatur jadi dari jumlah pemain, jika kondisi kurang pemain, pergantian waktu pemain, kapten dalam permainan tersebut ataupun lainnya yang masuk dalam komponen pemain.
  4. Ada lagi ketentuan dari atribut atau perlengkapan yang digunakan oleh pemain, dari mulai jersey, kaos kaki, sarung tangan, tutup kepala, atau attribute lainnya yang dianjurkan ataupun dilarang.
  5. Dijelaskan juga apa saja tugas seorang wasit, asisten wasit dan juga petugas lainnya.
  6. Lama waktu pertandingan atau saat memulai tendangan pembuka juga telah diatur lengkap dalam buku pedoman tersebut.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan olahraga yang banyak digemari oleh kaum pria tersebut. Jadi itu menjadi pedoman wajib yang harus diketahui oleh para pemain ataupun orang yang bekerja dalam olahraga sepak bola tersebut. Sampai tidak ketinggalan peraturan dan juga pelanggaran saat permainan berlangsung yang wajib diketahui. Mulai dari adanya tendangan bebas, tendangan sudut, lemparan dalam, tendangan pinalti atau lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply