Perhatikan Jenis Olahraga yang Anda Pilih agar Optimal Menjaga Kesehatan

Perhatikan Jenis Olahraga yang Anda Pilih agar Optimal Menjaga Kesehatan

Tidak perlu dipertanyakan kembali bahwasannya olahraga memang memiliki jutaan manfaat khususnya untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh kita. Anda yang sudah rutin berolahraga sebaiknya juga mengetahui jenis olahraga yang sesuai baik kebutuhan ataupun kemampuan Anda. Tidak jarang, Anda memilih olahraga yang keliru.

Perhatikan Jenis Olahraga yang Anda Pilih agar Optimal Menjaga Kesehatan

Apakah Anda tahu bahwasanya terdapat tanda-tanda jika jenis olahraga yang Anda pilih selama ini ternyata keliru? Sebagian besar memang tidak mengetahuinya, oleh karena itu, berikut adalah tanda-tanda yang patut Anda kenali.

Tubuh Sering Terluka

Anda yang sudah sering melakukan jenis olahraga tertentu, namun pada saat itu pula Anda sering mengalami cidera atau terluka. Hal ini bisa saja menjadi tanda bahwa olahraga yang Anda jalani tidak cocok dan cenderung memaksakan diri. Sebaiknya Anda mencoba alternatif lain dengan beberapa pertimbangan seperti durasi saat berolahraga hingga beban latihan yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Kelelahan Berlebihan

Rasa lelah ketika berolahraga memang umum, namun jika rasa lelah ini sudah berlebihan atau membuat Anda kehilangan energi nampaknya olahraga yang Anda pilih ini tidak sesuai. Secara umum tubuh bisa kembali bugar sesaat setelah rasa lelah pasca olahraga hilang. Namun jika lelah bertahan hingga beberapa hari sebaiknya Anda bisa mengurangi intensitas dari olahraga tersebut. Anda bisa menggantinya dengan olahraga yang lebih ringan.

Terlalu Mudah

Jenis olahraga yang Anda pilih ternyata tidak sesuai juga bisa dinilai dari tingkat beban yang Anda rasakan. Apabila olahraga yang setelah sekian lama Anda jalankan akan membuat tubuh terbiasa melakukannya. Ketika hal ini terjadi maka tubuh sudah bisa beradaptasi dengan olahraga tersebut dan sudah mendapatkan hasil yang maksimal sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi, Sebaiknya Anda mencoba olahraga yang memiliki beban lebih tinggi dari olahraga yang Anda jalankan sebelumnya. Tubuh juga bisa mengeluarkan tenaganya sehingga hasilnya juga bisa menjadi optimal.

Muncul Nyeri pada Otot

Saat Anda berolahraga, muncul nyeri pada otot memang sesekali terjadi dan bisa sembuh dalam hitungan jam. Apabila Anda merasakan hal yang sebaliknya, maka kemungkinan besar jenis olahraga yang Anda jalankan tersebut tidak sesuai. Munculnya nyeri otot bisa disebabkan karena beban yang dirasakan tubuh saat berolahraga terlalu berat dan melebihi batas kemampuan tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan otot Anda. Jika sudah seperti ini maka otot membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa pulih kembali dan membuat aktivitas Anda tidak bisa berjalan dengan lancar. Anda dapat memperbaiki intensitas dalam berolahraga dan mengurangi beban latihan dari yang biasa Anda lakukan. Lama waktu latihan juga harus dipertimbangkan. Sebaiknya mulailah dari yang ringan kemudian naik secara bertahap ke arah yang lebih sulit.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply