Perlengkapan Olahraga Futsal

Permainan futsal pada umumnya dapat dikatakan sama seperti sepak bola. Bedanya permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing diantara mereka memiliki 5 orang anggota. Futsal sendiri bertujuan agar bola dapat masuk ke gawang lawan dengan cara memanipulasi bola dalam permainan strategi kaki. Futsal banyak diminati dikalangan pemuda baik itu dilaksanakan dengan lapangan indoor maupun outdoor. Dalam sebuah permainan futsal, tiap-tiap pemain serta lingkup olahraga tersebut tak terlepas dari adanya perlengkapan futsal yang dibutuhkan oleh para pemain untuk dapat mengikuti aktifitas olahraga tersebut dengan lancar. Kelengkapan itu pun bermacam-macam, ada yang untuk diri sendiri atau pribadi dan juga secara bersamaan.

  • Lapangan
    Hal yang paling utama dalam bermain futsal adalah lapangan, karena lapangan merupaka media untuk bermain futsal. Lapangan futsal berbeda dengan lapangan sepak bola. Biasanya lapangan futsal berbentuk indoor dengan biaya sewa yang cukup relatif murah. Ukuran lapangan futsal mempunyai panjang  25-43 m dan lebar 15-25 m.
  • Bola
    Bola dalam permainan futsal digunakan untuk bermain yaitu dengan cara mengoper maupun menendang. Untuk ukuran standar biasanya bola berukuran 4  dengan keliling 62-64 cm dan beratnya 0,4-0,44kg. Lambungan bola 55- 56 cm pada pantulan pertama sedangkan untuk bahannya terbuat dari kulit atau bahan lainnya yang tidak membahayakan. Untuk harga bola futsal dipasaran berbeda-beda tergantung bahan dan merknya.
  • Kostum
    Untuk kostum dalam bermain futsal sama seperti olahraga sepak bola, para pemain menggunakan kaos dan celana. Fungsi kostum untuk membedakan antara musuh dan kawan. Dalam pertandingan kostum juga digunakan tanda oleh wasit untuk membedakan sebuah team. Usahakan kostum futsal terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan membuat anda nyaman. Untuk celana berupa celana pendek, namun khususnya untuk kiper boleh menggunakan kostum celana futsal dengan celana panjang yang hampir mirip dengan training.
  • Kaos Kaki

    Baca Juga:Perlengkapan Olahraga Sepedah Gunung

Kaos kaki digunakan untuk menambah kenyaman saat memakai sepatu futsal. Selain itu fungsi kaos kaki sebagai pelindung kaki serta mempermudah pemakaian pelindung tulang kering yang diselipkan didalam kaos kaki.

  • Pelindung atau Dekker

Pelindung atau dekker sangat penting digunakan dalam bermain futsal. Dalam permainan futsal terkadang sering terjadi kontak fisik. Sebaiknya gunakan pelindung kaki, tangan bahkan juga ada pelindung kepala.

  • Sepatu

Sepatu memang sangat penting digunakan dalam setiap permainan futsal. Sepatu mempunyai fungsi untuk melindungi kaki anda. Pilihlah sepatu original karena desainnya yang sudah sesuai serta memberikan kenyaman saat anda melakukan pergerakan.

  • Gawang dan Jaring

Gawang digunakan untuk memasukkan bola. Biasanya gawang akan dijaga ketat oleh kiper dan pemain belakang. Untuk ukuran gawang tinggi 2m dan lebar 3 m yang dilengkapi dengan jaring.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply