Perlengkapan Olahraga Sepedah Gunung

Ada beberapa jenis sepedah gunung di luaran sana. Diantaranya adalah:

  • Rigid

Untuk anda yang sedang mencari sepedah dengan budget terbatas, sepedah jenis Rigid adalah pilihan yang oke. Sepedah ini cukup murah. Dengan biaya perawatan yang tidak terlalu wah namun sepedah ini tidak memiliki suspensi baik di depan atau pun di belakang. Jadi anda harus siapkan kekuatan ekstra kala menggasak jalanan dengan tingkat keterjalan yang tinggi.

  • Hardrail

Sepedah jenis ini hanya punya satu garpu supsensi di bagian depan. Harganya sedikit lebih mahal dari sepedah jenis rigid. Dengan garpu suspensi di bagian depan memberikan anda kestabilan yang baik dalam menghadapi berbagai medan yang berat.

  • Full Suspension

Sepedah jenis ini mempunyai suspensi di bagian depan dan belakang. Harganya pun selangit. Sebandinglah denga tingkat kenyamanan yang diberikan.

Ketiga jenis sepedah di atas sangat menentukan anda dalam terjun langsung ke medan. Selain itu ada beberapa perlangkapan yang diperlukan dalam mendukung aktivitas ini. Berikut beberapa perlengkapan olahraga sepedah gunung yang penting anda siapkan sebelum anda meluncur di track alam.

  • Helm

Perlengkapan yang satu ini sangatlah penting dalam melindungi anda dari cedera yang fatal. Gunakan helem yang pas dengan kepala anda. Tidak longgar dan tidak menutupi area mata. Tali yang mengikat dagu juga harus dipastikan dalam kondisi yang bagus.

  • Kunci-kunci

Dalam perjalanan melintasi alam tidak akan tahu apa yang kan terjadi di depan. Siapkan juga kunci-kunci bilamana terjadi sesuatu dalam komponen sepedah. Biasanya kebanyakan mur baut menggunakan kunci tipe L.

  • Glove

Memang tidak semua pesepedah gunung mengunakan sarung tangan. Namun diukur dari tingkat kenyamanan, sarung tangan sangatlah penting. Sarung tangan ini berfungsi meredam getaran yang terjadi. Ada yang dilapisi dengan bantalan busa ada juga yang menggunakan gel. Kebanyakan dari pesepedah gunung lebih memlilih gel, karena lebih mantap dalam menahan getaran.

Baca Juga:Alat Olahraga Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

  • Kacamata

Anda tentu tidak ingin kan saat sedang asik bersepedah tiba-tiba ada benda asing seperti serangga, debu atau kotoran yang masuk kedalam mata anda. Hal itu tentu sangat mengganggu. Maka dari itu gunakanlah kaca mata. Pilihlah yang berlensa bening agar anda tidak kesulitan melihat saat memasuki area gelap seperti hutan.  

  • Jersey

Baju khusus pesepedah ini dirancang dengan desain yang ergonomis. Ketat daln elastis. Tahan segala cuaca dan memungkinkan anda dari bahaya tersangkut

  • Bicycle Short

Sama dengan jersey, kelengkapan yang satu ini cukuplah penting. Celana ini didesain dengan baik bagi pesepedah gunung.

  • Sepatu

Karakter sepatu ini mirip dengan sepatu untuk hiking. Hanya saja bagian telapaknya lebih keras dan terdapat pengait di sana.

  • Kaos kaki

Pada umumnya kaos kaki khusus pesepedah dilengkapi bantalan pada tempat-tempat yang tepat dan terbuat dari bahan yang bisa bernafas. Membantu kaki anda tetap kering.

  • Hydration Pack

Botol air minum yang terhubung dengan mulut malalui selang, sangat dianjurkan bagi pesepedah.

  • First Aid Kit

Pertolongan pertama dalam cedera sangatlah penting. Selalu siap sedialah untuk kelengkapan yang satu ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply