Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Membeli Bola Basket

Di Indonesia, permainan bola basket mungkin memang tidak sepopuler sepak bola. Selain karena dianggap sebagai olahraga yang ekslusif, dalam artian tidak bisa dilakukan di mana saja karena membutuhkan tempat khusus dengan permukaan yang keras, bermain basket juga membutuhkan paling tidak sebuah tiang dan ring.

Tapi kalau kamu mencoba sekali saja bermain basket, kamu akan merasakan kalo permainan ini cukup adiktif kok. Selain itu, dalam bermain streetball atau “basket jalanan”, pemain yang terlibat tidak harus terlalu banyak. Berempat, bertiga, atau berdua saja sudah bisa merasakan serunya permainan memasukkan bola ke dalam keranjang ini. Bahkan kamu bisa bermain sendiri saja untuk mengusir kepenatan. Selain itu, harga bola basket juga cukup terjangkau kok.

bola basket

Nah, kalau kamu tertarik untuk mulai bermain basket, dan ingin membeli sebuah bola, pertimbangkan dulu hal-hal berikut:

Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Membeli Bola Basket

1. Pertimbangkan Ukurannya

Hal ini yang mungkin belum banyak orang yang tahu, jika ukuran bola masket sebenarnya disesuaikan dan diklasifikasikan berdasarkan usia serta gender pemainnya. Sebelum membeli bola basket, yuk sesuaikan dulu usia dan jenis kelaminmu terhadap bola yang akan dibeli.

  • Bola nomor 7 cocok untuk laki-laki dewasa, siswa SMP, siswa SMA, dan mahasiswa. Diameter bola dengan nomor ini adalah 24,5 cm, dengan keliling 74,9-78 cm, dan berat 567-650 gram.
  • Bola nomor 6 cocok untuk perempuan dewasa, mahasiswi, siswi SMP, siswi SMA, dan mahasiswi. Diameter bola nomor ini adalah 23,2 cm, dengan keliling 72,4-73,7 cm, dan berat 510-567 gram.
  • Bola nomor 5 cocok untuk murid-murid usia SD, atau untuk bermain mini basketball. Diameter bola dengan nomoe ini adalah 22 cm, dengan keliling 69-71 cm, dan berat 470-500 gram.

2. Pertimbangkan materialnya

Pada umumnya material yang biasanya dibuat bola basket ada tiga macam, yaitu kulit asli, kulit sintetis, dan bahan karet. Bola basket dengan material kulit, baik asli maupun sintetis, lebih cocol untuk digunakan dalam permainan indoor seperti di GOR. Sedangkan bola dengan material karet lebih pas jika digunakan outdoor seperti di aspal atau beton.

3. Pertimbangkan feel saat menyentuh dan menggenggamnya.

bola basket

Hal yang sebaiknya tidak kamu lewatkan saat memilih bola basket adalah feel ketika menyentuhnya. Bola yang nyaman disentuh tentunya akan memberikan sensasi nyaman saat dimainkan. Dengan feel yang tepat, kamu akan lebih mudah daalam mengendalikan pergerakan bola ketika dimainkan. Feel seseorang dengan yang lainnya tentunya akan berbeda, itulah mengapa hal tersebut menjadi faktor yang penting dalam pemilihan bola basket.

Lalu bagaimana jika kamu berniat membelinya secara daring? Jangan malas membaca ulasan produk ya.

4. Pertimbangkan tampilannya

Bicara tentang bola basket, pada umumnya yang terbayang adalah sebuah bola berwarna oranye dengan lis hitam. Tapi sekarang ini sudah banyak kok variasi tampilan bola basket. Ada yang hitam full, kombinasi tiga warna, dan juga warna-warna yang cukup mencolok seperti kuning atau hijau. Hal ini kembali ke selera masing-masing sih ya.

5. Pertimbangkan harganya

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor yang bersifat fisik dalam memilih bola basket di atas, kini saatnya mempertimbangkan juga isi dompetmu. Akan sangan bijak jika kamu menyesuaikan harga bola basket yang akan kamu beli dengan kebutuhan bermain kamu.

Jika kamu ingin mulai belajar basket secara serius, berlatih untuk masuk tim basket sekolah/kampus, atau bahkan ingin menjadi pebasket professional, tidak ada salahnya berinvestasi dengan membeli bola basket dengan kualitas yang baik meskipun harganya sedikit mahal, karena nantinya bola tersebut akan kamu gunakan untuk berlatih meningkatkan kemampuan bermainmu. Tapi jika kamu hanya butuh bola basket untuk have fun, mengisi waktu luang, bermain santai bersama kawan, tidak ada salahnya kok memilih bola basket dengan harga yang murah saja. Cek di sini yuk sebelum kamu memutuskan untuk memilih bola basket yang cocok untukmu!