Home Fitnes Perut Six-Pack Tidak Lagi Sekedar Impian dengan Melakukan Olahraga Ini

Perut Six-Pack Tidak Lagi Sekedar Impian dengan Melakukan Olahraga Ini

by Caswitin
cara membentuk otot perut

Tidak hanya sekedar enak dilihat, memiliki perut yang rata juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan tubuh. Sebab, perut buncit merupakan timbunan lemak yang nantinya dapat menjadi sumber penyakit. Untuk mendapatkan perut yang rata, ternyata tidak sulit lho! Anda bahkan dapat melakukannya sendiri di rumah meskipun tanpa bantuan alat. Nah, berikut adalah beberapa cara membentuk otot perut yang dapat langsung anda coba. Yuk, simak!

1. Plank

Cara membentuk otot perut yang pertama adalah dengan melakukan plank. Gerakan ini berfokus pada keseimbangan tubuh dengan melakukan tumpuan pada lengan dan kaki. Gerakan yang dilakukan tidaklah sulit. Anda hanya perlu tengkurap pada matras, pandangan mata lurus ke depan. Angkat badan kemudian tahan menggunakan lengan dan jari-jari kaki, setelah itu tahan selama beberapa menit. Apabila anda kesulitan, anda dapat melakukannya selama 15 detik saja. Seiring berjalannya waktu, anda akan dapat menahan tubuh lebih lama sebab sudah terbiasa. Dalam melakukan gerakan ini postur badan harus lurus dan posisi pantat tidak boleh lebih tinggi dari punggung.

2. Crunch

Cara membentuk otot perut dengan gerakan yang satu ini akan fokus membentuk otot perut bagian atas. Ketika anda melakukan gerakan ini, maka nafas akan tertahan sehingga otot perut dapat terbentuk. Anda cukup membaringkan tubuh di atas matras, letakkan telapak tangan di bawah kepala, lutut ditekuk secara vertikal dan angkat badan sebatas dada sekuat mungkin. Lakukan berulang kali untuk hasil yang lebih optimal.

3. Flutter Kick

Gerakan ini adalah salah satu cara membentuk otot perut yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Gerakan ini sedikit mirip dengan leg raise. Perbedaannya terletak pada gerakan mengangkat kaki secara bergantian. Caranya cukup mudah. Berbaringlah di matras dengan posisi lurus, letakkan kedua telapak tangan di bawah pantat, angkat kaki secara bergantian. Lakukan sebanyak 10-15 kali hingga anda terbiasa.

4. Leg Raise

Cara membentuk otot perut selanjutnya adalah dengan melakukan workout yang berfokus pada pembentukan otot perut bagian bawah dan tengah. Berbaringlah di atas matras, angkat kaki dan posisikan tangan di belakang kepala. Angkat pinggul bersamaan dengan mengangkat kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali setiap hari.

5. Sit Up

Olaharaga ini merupakan yang paling sering dilakukan dan terbukti efektif sebagai cara membentuk otot perut. Anda dapat melakukannya sendirian atau dengan bantuan teman. Berbaringlah di atas matras, posisikan kedua telapak tangan di belakang kepala, angkat tubuh bagian atas sekuat mungkin. Lakukan gerakan ini 15 kali setiap harinya. Anda akan memperoleh perut yang rata.

6. Bicycle Crunch

Apabila dilakukan dengan cara yang benar, olahraga otot perut yang satu ini akan membantu anda memperoleh perut yang rata. Gerakan ini berfokus pada bagian obliques dan otot perut bagian bawah. Cara melakukannya tidaklah sulit. Anda cukup berbaring telentang pada matras dengan posisi tangan berada di belakang kepala. Kemudian angkat kaki anda dan bungkukkan tubuh bagian atas membentuk sudut 90 derajat. Lalu gerakkan siku kanan ke arah lutut kiri dan sebaliknya kemudian tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan ini secara rutin, maka anda akan mendapatkan perut yang rata.

7. Cross Crunch

Cara membentuk otot perut di rumah yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah gerakan cross crunch. Baringkan tubuh anda di atas matras dengan posisi telentang, letakkan tangan dan kaki secara diagonal ke arah luar, sehingga tubuh anda membentuk huruf “X”. Usahakan bagian kaki dan lengan tetap dalam keadaan lurus, kemudian arahkan tangan kanan ke arah kaki kiri dan sebaliknya. Angkat kepala, leher, dan juga bahu mengikuti gerakan tangan dan kaki. Lakukan gerakan ini secara berkala.

Nah, itulah tadi beberapa olahraga ringan yang dapat anda coba untuk membentuk otot perut. Anda dapat melakukannya di rumah bahkan tanpa bantuan profesional. Selamat mencoba, ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More