Pilihan Bahan Matras Yoga Sesuai Jenisnya

Berolahraga tak hanya bisa menyehatkan dari segi ragawi saja, namun juga mental. Tak heran jika orang yang rutin melakukan olahraga bisa memiliki tubuh yang sehat, jiwa yang positif dan selalu bahagia dibanding mereka yang jarang atau tidak pernah melakukan olahraga. Jika Anda kurang suka dengan olahraga yang berintensitas cepat, maka Anda bisa menjadikan yoga sebagai satu pilihan. Namun pastikan Anda memiliki matras yoga ini sehingga bisa lebih nyaman saat melakukan ragam gerakan.

Yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu dan muncul di India. Tujuan yoga adalah untuk membawa tubuh serta pikiran menjadi satu kesatuan sehingga bisa fokus ke tiga bidang yang utama mulai dari fisik, pernapasan hingga meditasi. Dalam yoga, Anda tidak bisa melakukannya langsung menyentuh tanah karena akan membuat gerakan terbatas. Itulah mengapa Anda butuh alas untuk berlatih yoga. Dalam hal ini, sudah tersedia beberapa bahan alas yoga yang bisa Anda jadikan pilihan.

Selain itu alas yoga juga memiliki ragam jenis, diantaranya adalah:

  • Alas yoga ashtanga

Yang pertama adalah alas ashtanga dimana alas ini terbuat dari bahan rami ataupun katun. Alas ini sempurna digunakan untuk bisa melakukan yoga ashtanga dan lainnya sehingga bisa membuat keringat banyak keluar. Kelembaban dari keringat ini akan mampu membantu dalam memberi traksi ke alas yoga dimana gilirannya nanti akan dapat membantu menciptakan suatu stabilitas pada pose berdiri.

  • Alas yoga perjalanan

Untuk matras yoga selanjutnya adalah untuk perjalanan dimana umumnya bahannya tipis sehingga kurang mampu memberikan kenyamanan optimal bagi penggunanya. Alas ini lebih cocok untuk yang menginginkan alas yoga fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana.

  • Alas yoga universal

Untuk alas universal ini adalah yang paling umum dipergunakan pada gerakan beberapa yoga. Permukaannya lengket dengan kombinasi tekstur lembut yang mampu dipadukan jadi alas yang seimbang sehingga menimbulkan kenyamanan dan stabilitas. Ketika duduk Anda akan merasakan lembut, namun ketika berdiri akan terasa traksi.

  • Alas yoga utopis

Umumnya terbuat dari bahan PVC dimana alas ini punya ketahanan dan bantalan yang menjadikan alas cepat berubah ke bentuknya semula setelah pengguna melakukan pose. Meski begitu, alas yang satu ini bobotnya lebih berat dibanding jenis alas lainnya.

  • Alas yoga pemula

Bagi para pemula, kadang masih bingung memilih jenis alas yang cocok. Jadi, selama belum mendapatkan alas yang tepat maka alas pemula bisa jadi pilihan.

Itulah beberapa jenis matras pada olahraga yoga. Kini Anda jadi tahu jenis alas mana yang harus dipilih sesuai dengan aktivitas dan gerakan yoga Anda. Anda bisa mendapatkannya di toko olahraga terdekat atau memesan secara online sehingga mudah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply