Pose Dasar Yoga yang Harus Dikuasai Pemula

Pose Dasar Yoga yang Harus Dikuasai Pemula

Salah satu olahraga masa kini yang banyak diminati khususnya bagi kaum wanita adalah yoga. Olahraga ini menitikberatkan pada konsentrasi pikiran dan gerakan tubuh yang lembut. Meskipun tampak mudah, namun memerlukan teknik yang benar agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Sebelum Anda memulai olahraga ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada seorang instruktur berpengalaman. Khusus bagi Anda yang masih pemula, maka harus mengetahui pose dasar yang harus dikuasai, diantaranya:

Pose Dasar Yoga yang Harus Dikuasai Pemula

Tree Pose

Pose dasar dalam yoga salah satunya adalah tree pose yang menitikberatkan pada tumpuan kaki kiri. Caranya yaitu angkat kaki kanan dan letakkan di paha kiri kemudian posisi tangan berada di dada. Lakukan pose tersebut selama 30 detik dengan posisi yang sudah seimbang

Downward Facing Dog

Pose yoga yang satu ini difokuskan pada tubuh bagian atas seperti dada, kaki, lengan dan punggung. Pose ini dimulai dari posisi merangkak dengan menekan seluruh telapak dan jari kaki di lantai serta meletakkan tangan di depan bahu. Selanjutnya keluarkan napas dan luruskan kaki hingga tumit tidak menyentuh lantai. Angkat tulang pantat dan dorong tumit ke lantai. Langkah selanjutnya tekan telapak tangan dan luruskan lengan saat Anda menarik bahu ke bawah.

Warrior

Pose warrior dilakukan dengan cara berdiri dengan memisahkan kaki sejauh 4 langkah kemudian tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Letakkan tangan ke pinggul, panjangkan lengan ke samping dan telapak hadap ke bawah serta fokuskan pandangan ke sisi kanan. Lakukan posisi tersebut selama 1 menit.

Cobra

Layaknya nama jenis ular, pose yoga yang satu ini dilakukan dengan posisi telungkup di lantai dengan jari tangan dibawah bahu. Pastikan meregangkan kaki hingga ujung jari menyentuh lantai dan mengencangkan panggul serta mengunci perut. Kemudian tekan bahu ke atas dan arahkan dada ke depan. Posisikan tangan lurus sejajar dengan lantai dan tahan selama 1 menit.

Mountain Pose

Pose yang tampak sederhana ini jika dilakukan dengan benar maka akan memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan. Langkahnya yaitu berdiri tegak dengan tumit agak melebar, letakkan tangan di samping pinggang, bayangkan layaknya Anda sedang mengangkat tubuh dengan menarik bahu ke bawah dan posisi kepala yang sejajar. Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik.

Bridge Pose

Bridge pose dilakukan dengan cara berbaring di lantai dengan posisi lutut ditekuk dan diletakkan sejajar diatas tumit, sedangkan tangan diletakkan di samping depan telapak menghadap bawah. Selanjutnya angkat pinggul hingga paha dan tahan selama 1 menit.

Triangle Pose

Langkah yang harus dilakukan pada pose dasar yoga ini adalah membuka kaki dengan arah kaki kiri ke depan dan kaki kanan ke kanan. Kemudian rentangkan tangan dengan posisi telapak dibawah, jatuhkan tubuh ke kanan hingga kaki kanan tersentuh oleh tangan. Pandangan Anda harus fokus di langit-langit dan tahan hingga 5 napas. Lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan.

.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply