Ragam Jenis Yoga beserta Manfaatnya bagi Kesehatan Kita

Ragam Jenis Yoga beserta Manfaatnya bagi Kesehatan Kita

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang saat ini banyak diminati masyarakat di semua kalangan. Olahraga ini sebenarnya sudah berkembang di India sejak 5.000-10.000 ribu tahun silam. Namanya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran tidak terbatas serta antara jiwa dan kesadaran terhadap sang Pencipta atau dapat diartikan pula sesuatu yang akan membawa jiwa raga menuju kehidupan nyata.

Ragam Jenis Yoga beserta Manfaatnya bagi Kesehatan Kita

Olahraga yoga disebut juga dengan olahraga olah rasa dan fisik karena melibatkan meditasi yang dimulai dengan teknik peregangan, keseimbangan, pernapasan hingga kelenturan agar keselarasan dan harmoni jiwa, spiritual, mental dan tubuh bisa tercapai. Berikut ini beberapa jenis olahraga meditasi ini yang dapat Anda coba.

Ashtanga

Jenis ini merupakan jenis yoga yang cukup menantang dengan 6 seri postur beserta gerakan kuat dan tanpa henti sehingga jenis ini tidak direkomendasikan bagi orang yang memiliki otot lemah.

Hatha

Jenis Hatha terdiri atas kelas-kelas yang dibagi menjadi kelas pengantar, postur dasar, dan teknik pernapasan. Jenis ini berfokus pada fisik daripada mental

Kundalini

Nama kundalini diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan mirip ular yang fleksibel. Jenis ini merupakan penggabungan gerakan, meditasi dan nyanyian sebagai pembangkit tenaga dalam khususnya di bawah tulang belakang.

Power

Jenis ini merupakan hasil adaptasi dari ashtanga tradisional di tahun 1980-an yang menantang dan dinamis.

Ivengar

Jenis olahraga meditasi ini dilakukan dengan implementasi benda-benda sekitar seperti kursi, tali, bantal, hingga selimut.

Bikram

Yoga jenis ini terdiri dari 26 gerakan dengan 2 rangkaian pernapasan. Keunikannya terletak pada tempat yang digunakan harus panas dengan suhu 40,6 derajat celcius dan kelembapan 40%.

Manfaat bagi Kesehatan

Rutin melakukan olahraga yoga dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda khususnya untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan, misalnya penyakit arthritis, asma, jantung, tekanan darah tinggi dan lain-lain
  2. Mengatur berat badan agar lebih stabil dan ideal
  3. Pernapasan menjadi lebih lancar
  4. Sebagai relaksasi dan pemulihan otot usai olahraga
  5. Meningkatkan kesehatan mental karena mampu mengurangi stress, depresi hingga gangguan tidur.
  6. Keseimbangan tubuh lebih kuat dan terjaga
  7. Tubuh semakin bugar
  8. Pembentukan otot yang sehat
  9. Meringankan nyeri bahkan cidera.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Yoga

Olahraga jenis ini termasuk olahraga yang paling aman bagi setiap orang karena termasuk low intensity. Akan teteapi sebelum Anda melakukannya, maka harus mengetahui hal-hal berikut yaitu:

  1. Para pemula harus memulai olahraga ini dengan gerakan-gerakan yang aman tanpa mencoba jenis yang ekstrim.
  2. Olahraga ini bukanlah pengganti perawatan medis konvensional sehingga Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  3. Konsultasikan dengan dokter dahulu jika Anda sedang hamil atau ada riwayat tekanan darah tinggi.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply