Rahasia Mencegah Cidera Pada Saat Bermain Bulutangkis

Bulutangkis merupakan olahraga yang menggunakan raket dan kok yang mana untuk jenis olahraga ini membutuhkan kekuatan pada tangan, sedangkan hal yang sering kali dirasakan oleh pada seseorang yang melakukan olahraga ini yaitu keluhan terhadap tangannya yang mengalami cidera sehingga mengharuskan untuk berhenti melakukan olahraga ini, padahal jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang sangat seru dan menjadi banyak pilihan para masyarakat setempat. Sedangkan untuk menghindari tangan yang cidera akibat dari olahraga ini, maka Anda dapat untuk memperhatikan pada beberapa tips berikut.

Bagi Anda yang belum mengetahui tata cara dalam melakukan cara untuk mencegah terjadi cidera yang sering kali terjadi pada bagian tangan tentunya harus ada beberapa teknik dasar yang harus Anda perhatikan dan Anda ikuti dengan sebaik mungkin yang akan membantu diri Anda agar tidak mengalami cidera lagi pada saat Anda melakukan olahraga ini. Dan untuk tips yang dapat untuk Anda ketahui yaitu dengan mengikuti pada beberapa langkah berikut ini.

Inilah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cidera pada saat olahraga bulutangkis, yaitu sebagai berikut ini:

  • Pemanasan (Warming up).

Sebelum memulai olahraga ini maka lakukan pemanasan pada otot-otot dalam tubuh agar otot dalam tubuh siap dalam melakukan aktifitas yang berat. Cara yang dapat Anda lakukan dengan menggerakkan tangan, jari, kaki, tumit pinggang, dan pergelangan tangan.

  • Sepatu Bulutangkis (Wear).

Gunakan sepatu yang mempunyai permukaan tapak yang berbahan karet karena bahan ini akan jauh lebih kuat pada saat menempel di lapangan.

  • Gerakan tubuh.

Karena olahraga ini membutuhkan kecepatan pada gerakan, maka pastikan bahwa Anda sudah mengetahui teknik yang benar dalam melakukannya.

  • Hati-hati pada raket teman Anda.

Jika Anda bermain berganda, maka perhatikan pula pada raket Anda, karena hal ini dapat mengenai diri Anda.

  • Peregangan (Stretching).

Anda juga perlu untuk melakukan peregangan setelah bermain dengan cara duduk dilantai dan dengan kaki yang lurus sejajar dengan lantai.

Itulah beberapa teknik sederhana yang dapat Anda ikuti agar Anda dapat melakukan olahraga ini dengan baik dan tanpa harus merasakan nyeri atau cidera setelah selesai melakukan olahraga ini, karena kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para masyarakat yaitu karena teknik yang dilakukan tidak benar sehingga hal inilah yang menjadikan banyak para pemainnya merasa nyeri dan cidera.

Untuk menghindari tangan atau anggota tubuh mengalami cidera pada saat bermain bulutangkis maka Anda dapat untuk mengikuti beberapa langkah yang ada di atas yang memang haruslah Anda perhatikan dengan sebaik mungkin, karena hal ini adalah cara yang paling tepat untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin, karena Anda tidak dapat melakukan olahraga ini dengan sembarangan jika memang Anda tidak ingin cidera.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply