Rawat Bola Voli Mikasa Anda dengan Tips Ini

Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak disukai. Tak hanya orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Terbukti jika voli kerapkali dimainkan oleh para pelajar ketika masuk pelajaran olahraga. Salah satu perlengkapan olahraga voli yang dibutuhkan yang pasti adalah bola voli. Jika mendengar voli, maka bola yang biasa dipakai adalah merek Mikasa. Ya, memang bola dari Mikasa ini diklaim berkualitas terbaik dan awet. Namun jangan lupa untuk selalu merawat bolanya sehingga tetap tahan lama.

Jika Anda memiliki bola Mikasa, maka berikut ini beberapa tips untuk perawatannya:

  • Setelah Anda memakai bola, maka pasti bola tersebut kotor. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan bola Anda. Gunakan kain lap yang lembut dan jika memang ada lumpur yang menempel maka bisa juga menggosok dengan sikat. Setelah semua bagian bola bersih, lanjutkan dengan membilas lalu keringkan dengan lap bersih. Namun tidak perlu menjemur bolanya karena justru tidak baik.
  • Ketika bola tidak dipakai, ada baiknya menyimpan bola memakai jaring yang digantung. Jangan menyimpan bola dan meletakkan di lantai karena akan membuat tekanan bola berubah lantaran suhu lantai yang kerap berubah.
  • Jika bola yang sudah disimpan terlalu lama kempis, maka Anda bisa menambahkan angin ke bola memakai pompa sepeda.
  • Mengingat bola ini rawan bocor jika terkena sesuatu yang tajam, maka Anda bisa menambalkannya di beberapa toko olahraga yang biasa menyediakannya.

Jika memang bola voli Anda sudah rusak, tentu ketika bermain voli pun kenyamanan akan berkurang. Mungkin inilah saatnya Anda membeli bola yang baru sehingga bisa bermain dengan lebih nyaman. Lalu bagaimana cara memilihnya? Berikut ini tips untuk Anda:

Baca Juga:Mengenal Atlet Olahraga Bola Voli Tercantik Dari Seluruh Dunia

  • Kualitas kulit bola – kulit bola terbaik untuk bermain voli haruslah kencang dan juga tidak berkeriput. Meski begitu kekencangannya tidak mempengaruhi keempukan dari bola tersebut. Hal ini lantaran jika bola terlalu kencang, maka tangan akan sakit ketika memukulnya.
  • Pantulan bola – ketika memilih bola, maka coba pantulkan bola ke dinding atau lantai. Apabila pantulannya lebih dari jarak awal setengah ketika memantulkan bola tersebut maka bisa dibilang jika kualitas bola tersebut bagus. Pantulan ini bisa sangat membantu selama permainan voli nanti.
  • Berat bola – ukuran standar untuk bola yang digunakan bermain voli sebetulnya sudah bisa ditentukan. Untuk normalnya adalah sekitar 9 hingga 10 ons dengan tekanan mulai dari 4.5 hingga 6 pon.

Itulah beberapa tips dalam memilih bola voli terbaik yang bisa Anda terapkan. Kini sudah sangat mudah untuk mendapatkan bola yang digunakan untuk voli mengingat sudah banyak sekali toko olahraga yang menyediakannya. Salah satu rekomendasinya kembali lagi ke merek Mikasa yang sudah banyak dipakai dalam berbagai turnamen mengingat kualitasnya yang bagus.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply