Risiko Malas Olahraga yang Sangat Merugikan

Risiko Malas Olahraga yang Sangat Merugikan

Olahraga adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap orang. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya olahraga memiliki segudang manfaat yang besar bagi tubuh. Selain membantu melancarkan metabolisme tubuh, olahraga juga membantu menyeimbangkan sirkulasi darah dalam tubuh. Malas olahraga adalah sebuah kerugian yang seharusnya dihindari.

Risiko Malas Olahraga yang Sangat Merugikan

Apa saja risiko malas olahraga

Manfaat olahraga yang begitu banyak tentu tidak akan didapat jika kita malas olahraga. Sebagai contohnya adalah sirkulasi darah. Sirkulasi darah erat hubungannya dengan kinerja jantung, jadi bisa dibayangkan jika kita malas untuk berolahraga. Risiko-risiko di bawah mungkin saja kita alami:

  • Mudah lelah

Risiko yang pertama ini mungkin bisa Anda identifikasi lebih awal. Jika akhir-akhir ini Anda cepat merasa lelah walau tidak melakukan kegiatan berat, bisa berarti Anda kurang berolahraga. Lelah yang merupakan indikasi kekurangan oksigen bisa teratasi jika Anda berolahraga secara teratur. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang banyak mengandung oksigen. Anda bisa melakukan jogging ringan di pagi hari untuk menghindari hal ini.

  • Badan kaku dan sering pegal-pegal

Salah satu tanda yang sering muncul jika Anda malas olahraga adalah badan terasa kaku dan pegal-pegal. Sendi-sendi badan bagusnya harus digerakkan secara teratur agar otot di sampingnya lentur dan tidak kaku. Keadaan ini tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

  • Sakit kepala

Penyebab sakit kepala selain dari stress bisa berasal dari sirkulasi oksigen ke otak yang kurang. Metabolisme yang tidak lancar juga memicu timbulnya sakit kepala. Sedangkan metabolisme juga dipengaruhi oleh olahraga, apakah Anda berolahraga dengan cukup? Jika tidak, sakit kepala bisa menyerang kapan pun. Anda bisa membiasakan diri untuk lari pagi atau senam untuk menghindari risiko ini.

  • Obesitas

Olahraga selain untuk melancarkan peredaran darah adalah juga bermanfaat untuk pembakaran lemak. Jika Anda malas olahraga sudah bisa dipastikan lemak di tubuh Anda mengendap dan membuat Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Risiko ini bisa berakibat fatal jika tidak diatasi dengan betul. Lemak yang terlalu banyak bersemayam di dalam tubuh bisa menyempitkan organ-organ tubuh lain, dan menyebabkannya tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

  • Insomnia

Gangguan tidur biasa terjadi pada orang yang mengalami kondisi psikologis tidak baik atau stress. Namun, selain itu ternyata ada penyebab lainnya yakni kurangnya olahraga. Ketegangan otot dalam tubuh membuat tubuh tidak bisa beristirahat secara normal meskipun sudah dalam kondisi lelah. Anda bisa membiasakan diri untuk berjalan sehat selama 30 menit untuk mengatasi masalah ini.

Dengan mengetahui risiko-risiko di atas, diharapkan pembaca dapat bijak untuk menyikapi sikap malas olahraga yang dasarnya sangat merugikan untuk kesehatan diri. Melakukan olahraga yang rutin adalah anjuran dari setiap dokter kesehatan, maka dari itu mari budayakan olahraga yang teratur untuk hidup sehat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply