Rutin Lakukan Olahraga Kehamilan Demi Kesehatan Sang Buah Hati

Rutin Lakukan Olahraga Kehamilan Demi Kesehatan Sang Buah Hati

Masa kehamilan merupakan masa yang paling dinanti oleh setiap pasangan suami istri khususnya bagi pasangan baru. Masa ini merupakan masa membahagiakan sekaligus mendebarkan karena menanti lahirnya sang buah hati. Setiap orang tua tentunya akan melakukan hal terbaik untuk menjaga kondisi janin di dalam rahim dengan berbagai cara. Selain asupan makanan yang bergizi untuk ibu hamil, saat ini sudah banyak kelas olahraga kehamilan. Kelas yang dikhususkan untuk ibu hamil ini memiliki banyak manfaat baik bagi calon orangtua maupun anak yang akan dilahirkan. Apa sajakah manfaat yang bisa didapat? Olahraga apa saja yang diperbolehkan? Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Rutin Lakukan Olahraga Kehamilan Demi Kesehatan Sang Buah Hati

Cegah Penyakit Berbahaya pada Bayi

American Physiological Society mengadakan seminar yang mempresentasikan sebuah penelitian mengenai pencegahan penyakit kronis pada bayi hingga penuaan dini saat dewasa melalui olahraga kehamilan yang dilakukan dengan tepat dan rutin. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada seekor tikus, tetapi para peneliti yakin bahwa masa kehamilan adalah salah satu penentuan kesehatan seorang individu mulai dari pertumbuhan, perkembangan hingga daya tahan tubuhnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti tersebut mendapatkan hasil bahwa seekor bayi tikus yang lahir dari induk atau ibu yang aktif bergerak memiliki daya tahan tubuh lebih kuat daripada stress oksidatif. Stress oksidatif merupakan keadaan tubuh yang dipenuhi radikal bebas dengan kadar melebihi batas normal kemampuan tubuh dalam menetralisir. Radikal bebas sendiri adalah molekul yang dapat merusak sel tubuh dan mengakibatkan gangguan hingga kerusakan organ. Hal inilah yang akan memicu timbulnya penyakit kronis seperti jantung, diabetes hingga kanker. Maka dari itu, olahraga kehamilan perlu dilakukan karena sistem saraf dan perkembangan organ pada janin Anda akan terbentuk dengan sempurna dan kuat.

Manfaat Lain dari Olahraga Kehamilan bagi Ibu beserta Bayinya

Manfaat olahraga saat masa kehamilan tidak hanya dapat mencegah penyakit kronis pada bayi melainkan dapat memberikan asupan nutrisi lebih banyak sehingga bayi Anda akan lebih cerdas, sehat dan kuat secara fisik. Selain manfaat tersebut dirasakan oleh sang buah hati, ibu yang mengandungnya pun juga mendapatkan banyak manfaat diantaranya yakni tubuh lebih segar dan tidak mudah letih, mengurangi nyeri punggung bawah khususnya saat akan melahirkan, mampu mengendalikan mood swing, dan dapat menurunkan tekanan darah selama hamil.

Jenis Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil lebih rentan terhadap apa saja sehingga sangat dianjurkan untuk selalu berhati-hati dalam memilih makanan hingga melakukan kegiatan. Olahraga kehamilan memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil tetapi Anda harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan olahraga yang Anda jalani tidak akan mempengaruhi kesehatan janin. Pada umumnya, dokter akan menyarankan olahraga yang cukup ringan dan tidak berisiko diantaranya yaitu jalan kaki, jogging, nge-gym, yoga dan berenang. Anda juga perlu memperhatikan penyesuaian kemampuan tubuh dengan intensitas olahraga yang dilakukan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply