Sarana dan Prasarana untuk Melakukan Olahraga Polo Air

Beberapa masyarakat tentu tidak asing dengan namanya olahraga polo air, ini merupakan salah satu jenis olahraga air yang dilakukan secara beregu. Atau bisa juga dikatakan masih saudara dengan jenis olahraga renang tetapi dikombinasi dengan gulat, sepak bola dan juga bola basket dalam kolam. Untuk satu tim dalam sebuah pertandingan olahraga ini terdiri dari enam pemain dan juga satu kipper. Untuk peraturan yang ada dalam pertandingan tersebut kurang lebihnya seperti pada sepak bola yaitu melakukan tendangan gol sebanyak-banyaknya, dan dalam satu kali tendangan gol dihitung satu poin.

Dalam sebuah pertandingan olahraga tentunya ada sarana dan juga prasarana yang dibutuhkan, tidak terkecuali untuk salah satu jenis olahraga air tersebut. Berikut ini beberapa perlengkapan atau sarana yang dibutuhkan dalam pertandingan, antara lain:

  • Seragam.

Seperti halnya olahraga renang pada umumnya yang setiap pertandingannya memerlukan perlengkapan atau seragam renang yang tidak transparan dan juga topi yang biasanya dilengkapi dengan nomor setiap individu. Nomor itu bertujuan untuk membedakan para pemain tim yang berbeda seperti halnya dalam sepak bola. Kemudian dilengkapi juga pelindung telinga untuk memberikan perlindungan telinga saat berada dalam air dalam waktu yang cukup lama.

  • Arena permainan.

Kemudian adanya arena permainan yang dilengkapi dengan perlengkapan lain seperti gawang yang mengapung, pelampung atau lainnya. Untuk gawang yang digunakan dalam polo air ini mempunyai ukuran dengan lebar 3 meter dan juga tinggi 0,9 meter. Untuk pelampung dan juga tali digunakan dalam memberikan batasan atau ukuran luas bidang dalam permainan tersebut.

  • Bola.

Karena olahraga ini mempunyai tujuan memasukkan bola tentunya harus ada bola sebagai bahan perebutan seperti halnya sepak bola. Untuk ukuran bola polo ini harus mempunyai berat 14 dan juga 16 ons. Untuk tekanan udaranya harus sesuai dengan ketentuan yaitu 13 PSI, untuk ukuran sendiri disesuaikan dengan pemain baik itu perempuan ataupun laki-laki. Untuk para pria bola mempunyai ukuran lingkar 28 inchi, sedangkan untuk wanita memiliki ukuran 26,5 inchi.

  • Kolam renang.

Untuk ukuran kolam renang yang digunakan sendiri harus berbeda baik untuk putra maupun untuk putri, dalam pertandingan putra harus mempunyai ukuran 20×30 meter, sedangkan untuk putri ukurannya lebih kecil dengan kedalaman 1,8 meter.

Alur permainan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan sepak bola, memerlukan 2 wasit dan juga 2 hakim garis yang berperan untuk menentukan gol yang terjadi dalam pertandingan. Kemudian dalam permainan polo air ini dibagi menjadi empat periode dan mempunyai durasi masing-masing 7 menit pada quarternya. Untuk jarak atau interval waktu jeda setiap satu periode dengan lainnya yaitu sebanyak 2 menit.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply