Sebelum Olahraga Lari Lakukan 4 Persiapan Berikut Supaya Aman

Selama ini penikmat kegiatan olahraga lari cenderung mengabaikan pentingnya persiapan, padahal olahraga satu ini rentan mengakibatkan cedera. Lari memang masih masuk olahraga murah dan mudah sebab untuk menikmatinya tidak diperlukan pelatih khusus seperti olahraga jenis lainnya. Meski bisa dipelajari otodidak bukan berarti informasi apapun yang berkaitan dengan olahraga jenis ini bisa diabaikan begitu saja. Salah satunya adalah persiapan, dan dapat diartikan persiapan sebelum lari sama pentingnya ketika melakukan persiapan pernikahan dan dijamin sangat tidak bijak jika diabaikan.

Persiapan Penting Sebelum Melakukan Lari

Banyak orang menyukai kegiatan olahraga jenis ini karena dianggap murah dan mudah lagi banyak manfaat bisa dipetik. Namun untuk memetik sekian manfaat yang ditawarkan terlebih dahulu lakukan beberapa persiapan berikut:

  • Memastikan sudah tersedia sepatu lari,

Lari termasuk olahraga yang jika tidak ada persiapan bisa membuat cedera pada otot kaki terutama di bagian pergelangan kaki. Menghindari cedera baiknya Anda sudah menyiapkan sepatu khusus untuk olahraga ini dan biasanya mudah sekali untuk dijumpai. Sepatu yang memang diperuntukan bagi pelari mampu melindungi pelakunya dari resiko cedera dan membuat tubuh terasa ringan.

banyak sekali pilihan sepatu untuk lari yang bisa membuat anda aman dan nyaman, cari tahu selengkapnya di anekajerseybola.com

  • Jangan sampai lupa untuk pemanasan,

Siapa yang tidak pernah melakukan pemanasan saat menikmati olahraga lari? Tentunya masuk ke dalam jenis kebiasaan buruk sebab tanpa pemanasan dijamin tubuh mudah protes dan pada akhirnya cedera. Syukur-syukur jika cedera ringan kalau sampai berat tentu akan melibatkan petugas kesehatan di klinik atau rumah sakit terdekat. Anda bisa mencoba membiasakan diri melakukan pemanasan setidaknya peregangan pada bagian kaki dan tangan, sehingga lebih lentur dan lebih siap diajak berlari.

  • Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu,

Kesalahan pelaku olahraga jenis ini untuk mengalami cedera adalah akibat tidak mengisi perut terlebih dahulu. Umumnya dilakukan oleh pemula yang kebetulan juga ingin menjalankan program diet ketat yang berujung pada masalah kesehatan. Lari dengan membiarkan perut kosong akan membuatnya kram, dan tubuh mengalami kelelahan yang hebat. Aktifitas pun ikut terganggu karenanya maka usahakan makan dahulu, baru kemudian menikmati olahraga ini supaya energi tubuh cukup dan kepuasan maksimal bisa dikantongi. Resiko untuk cedera pun pada akhirnya menguap.

  • Pergunakan sport armband sebagai perlengkapan tambahan,

Supaya kegiatan olahraga satu ini semakin nyaman dan seru ada baiknya memakai sport armband sebagai perlengkapan tambahan. Bentuknya yang ringkas dan dipasang melingkar pada pergelangan lengan membuatnya tidak mengganggu gerakan Anda saat berlari. Kegunaannya adalah sebagai wadah menempatkan handphone, sehingga bisa menerima telepon penting kapan saja sekaligus mendengarkan musik sehingga semakin semangat. Anda pun bisa memperoleh banyak manfaat secara lebih tatkala menambahkan sport armband ini, maka pertimbangkan disiapkan sebelum olahraga lari dilakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply