Sehatkan Badan Dengan Senam Zumba

Sehatkan Badan Dengan Senam Zumba

Bagi anda pengemar olahraga dan menari, senam zumba merupakan pilihan yang tepat untuk anda lakukan. Senam ini merupakan olahraga yang diiringi musik digabungkan dengan tarian latin menggunakan step aerobik yang mudah diikuti dan menyenangkan. Zumba sendiri merupakan bahasa Kolombia yang diambil dari kata “zum-zum” yang berarti gerakan cepat.

Sehatkan Badan Dengan Senam Zumba

Senam zumba tidak sengaja diciptakan oleh Alberto Perez pada tahun 1990. Saat akan mengajar aerobik ia lupa untuk membawa musik lalu ia menyiasatinya dengan memutar musik dansa yang biasanya ia gunakan untuk menari. Tidak dapat diduga para peserta senam sangat menyukai saat melakukan senam aerobik diiringi musik dansa tersebut. Zumba mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 2009, namun mulai diminati sejak awal tahun 2012 oleh masyarakat Indonesia.

Gerakan yang ada dalam senam zumba dirancang dari 70% dansa dan 30% fitnes. Senam ini juga dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakan seluruh tubuh sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh serta juga meningkatkan denyut jantung. Manfaat melakukan senam ini yang bisa kita dapatkan seperti:

  1. Kalori yang dapat dibakar sekitar 450 kalori dengan melakukan senam selama 60menit, dapat membentuk bagian tubuh semakin ideal karena perpaduan dalam senam sangat beragam dari cha-cha, tari perut, hiphop, serta salsa.
  2. Selain itu dalam mempratekannya dibutuhkan ingatan yang tajam untuk mengingat setiap tahapan gerakan.
  3. Koordinasi antar bagian tubuh dan stamina tubuh dapat ditingkatkan dengan melakukan gerakan zumba.
  4. Massa otot dan kepadatan tulang dapat ditingkatkan seperti ketahanan otot punggung, kaki bagian atas, bokong, dan perut.
  5. Dapat juga untuk membuat kita semakin percaya diri, merasa lebih bersemangat, dan hati gembira
  6. Karena olahraga ini merupakan menyenangkan akan membuat anda lebih senang melakukannya dengan rutin
  7. Dapat mengembangkan rasa sosialisasi dan mengenal banyak teman baru karena senam ini dilakukan secara berkelompok
  8. Dan yang terakhir dapat menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh

Senam tersebut dapat dilakukan oleh seluruh lapisan dari lansia hingga pemula. Namun pada prakteknya kita harus melakukannya sesuai tahapan dan cara jadi cedera dapat diminimalisir. Jika anda pemula dalam senam zumba mungkin sebelumnya anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apalagi jika anda memiliki penyakit tertentu. Karena dalam olahraga ini banyak step yang dilakukan dengan cepat dan sering melakukan lompatan sebaiknya ibu hamil tidak melakukan olahraga ini. Lebih baik anda mengikuti instruktur yang telah memiliki sertifikat atau berpengalaman.

Pada awalnya ikuti kelas khusus untuk pemula dengan jenis Aqua Zumba dan Gold Zumba untuk para lansia karena gerakan pada senam zumba lebih lambat. Pastikan juga melakukan pemanasan dan pendingina. Jangan lupa juga untuk mengenakan sepatu yang nyaman karena gerakan dalam senam tersebut banyak melibatkan banyak gerakan berputar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply