Sejarah dan Perkembangan Olahraga Bola Voli

Sejarah dan Perkembangan Olahraga Bola Voli

Voli merupakan cabang olahraga permainan bola yang dimainkan oleh 2 tim secara berhadap-hadapan, dimana pada satu tim akan beranggotakan 6 orang yang akan menempati posisi masing-masing. Permainan voli ini, dilakukan dengan cara memukul ataupun memantulkan bola dengan menggunakan tangan, untuk dapat melewati net dan memasuki daerah lapangan lawan. Olahraga bola voli ini sendiri, dapat dilakukan pada lapangan terbuka ataupun tertutup dengan bentuk lapangan persegi, dengan ukuran dan garis tertentu sebagai ketentuan dalam sebuah permainan voli tersebut. Panjang lapangan voli sendiri akan berada pada ukuran 18×9 meter, dengan lebar garis serang sebesar 3m dan garis tengah sebesar 5 cm. Sejarah dan Perkembangan Olahraga Bola Voli Sejarah permainan bola voli ini sendiri, bermula pada tahun 1884 dimana organisasi kepemudaan YMCA, memulai sebuah permainan bola dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh induk organisasi tersebut. Penemu dan pemrakarsa olahraga yang satu ini adalah seorang pemuda yang tergabung dalam YMCA yaitu William G Morgan. Olahraga ini sendiri tercipta dari ide William yang terinspirasi dengan olahraga bola basket yang telah ditemukan sebelumnya. Dengan keinginan untuk dapat menciptakan sebuah permainan olahraga yang menyerupai bola basket inilah, pada akhirnya permainan voli ditemukan dengan nama pertama kalinya yang disebut dengan Mintonette. Permainan ini sendiri kemudian pada tahun 1896 diubah dengan nama volly ball. Perubahan nama pada cabang olahraga yang satu ini, lebih diakibatkan karena perkembangan pesat olahraga mintonette, yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya demonstrasi dikalangan pemuda YMCA. Akibat demonstrasi inilah, pada akhirnya kejuaraan ataupun pertandingan khusus untuk cabang olahraga ini mulai dibentuk dan diselenggarakan. Jika dahulu olahraga bola voli dapat dimainkan oleh banyak orang, namun seiring dengan perkembangan waktu aturan pada olahraga yang satu ini pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Berikut ini beberapa aturan dasar dari permainan voli yang telah mengalami perubahan dari awal terciptanya permainan yang satu ini, antara lain adalah:

  • Sentuhan bola dalam permainan voli ini juga telah mengalami perubahan aturan pada tahun 1920, dimana sentuhan sebanyak 3 kali menjadi aturan baru dalam permainan bola tersebut.
  • Jumlah skor yang semula memiliki batas 15 point pada tahun tersebut juga mengalami perubahan yang cukup signifikan, dimana angka 21 point menjadi penentu batas kemenangan sebuah tim.

Baca juga artikel menarik lainnya di tokolahraga.com

Di Indonesia sendiri permainan bola voli mulai dikenal pada tahun 1928, dimana Belanda menjadi sumber pengenalan dari olahraga yang satu ini. Pada saat tersebut permainan bola ini hanya boleh dilakukan oleh para penjajah Belanda dan para bangsawan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu permainan olahraga yang satu ini mulai banyak dikenal oleh berbagai kalangan, hingga saat ini olahraga ini pun makin populer dikalangan pelajar Indonesia.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply