Sejarah dan Teknik Dasar Tenis Lapangan

Tenis merupakan salah satu permainan yang menggunakan raket yang paling disukai saat ini. Sebagian besar sejarawan meyakini asal mula tenis adalah permainan kuno yang dimainkan di bagian utara Perancis pada abad ke-12. Permainan itu dilakukan dengan memukul bola menggunakan telapak tangan. Louis X dari Perancis adalah salah satu penyuka permainan jeu de paume atau permainan telapak tangan, yang kemudian berkembang menjadi tenis, dan ia tercatat menjadi orang yang membangun lapangan tenis di dalam ruangan menurut gaya modern. Pada abad 19 barulah tenis dimunculkan kembali oleh para bangsawan Inggris dengan membangun fasilitas-fasilitas country club atau lapangan tenis di rumahnya yang besar. Karena pada waktu itu tenis populer dimainkan di halaman rumput, maka terkenal dengan sebutan ‘Lawn Tennis’ atau tenis lapangan rumput. Pada masa ini juga mulai muncul bola dari karet vulkanisir yang pada waktu itu dianggap dapat mengurangi rusaknya rumput di lapangan tanpa mengurangi elastisitas dari bola itu sendiri.

Untuk memainkan tenis, ada beberapa teknik dasar yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Teknik dasar permainan tenis tersebut adalah :

  • Teknik atau Cara memegang raket
  • Forehand eastern

Eastern merupakan cara memegang raket yang sangat mudah untuk dilakukan oleh para pemula yang ingin belajar tenis. Forehand eastern ini seringkali disebut dengan
“grip berjabat tangan”. Pegangan raket jenis ini bisa memberikan variasi pukulan yang lengkap, seperti flat, slice ataupun spin.

  • Continental

Jenis grip yang satu ini adalah grip klasik yang biasa digunakan oleh para pemain tenis jaman dulu ketika masih menggunakan raket kayu. Tangan berada pada posisi tepat diatas gagang raket, sedangkan posisi pangkal dari telunjuk berada pada sudut 1 (bagi pemain tangan kanan) atau pada sudut 4 (bagi pemain tangan kiri/ kidal).

  • Western

Grip western adalah grip yang biasa dipakai terutama ketika akan melakukan pukulan topspin. Grip ini juga bisa disebut sebagai grip saat memegang wajan. Karena cara memegang raket dengan grip western ini seperti ketika kita memegang gagang panci atau wajan masakan. Dimana posisi dari pangkal telunjuk berada pada sisi bawah dari gagang raket.

  • Servis adalah pukulan yang dilakukan pertama kali untuk mengawali sebuah permainan tenis.

Ada tiga macam jenis servis, yaitu sebagai berikut :

  • Slice service.
  • American twist.
  • Flat serve atau cannon ball.
  1. Jenis Pukulan

Ada beberapa jenis pukulan bola dalam permainan tenis. Adapun jenis-jenis pukulan itu, antara lain sebagai berikut.

  • Pukulan Lob biasanya dilakukan jika bola melewati di atas kepala lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan forehand dan backhand.
  • Forehand Lob adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah depan.
  • Backhand Lob sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah belakang, dan punggung tangannya ke arah depan.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply