Sejarah olahraga ekstrim Skateboard

Sejarah olahraga ekstrim Skateboard. Bisa dibilang sejarah pasti tentang awal skateboard tidak lah jelas. Namun kebanyakan riwayat menyebutkan periode 1950-1960, sebagai awal dari olahraga papan luncur ini. Berawal dari kekeringan yang melanda California, ombak sudah tidak lagi  bersahabat dengan para peselancar. Mereka yang jenuh akhirnya mencari jalan lain guna mengatasi adreanalin yang terus bergejolak. Saat itu, sebuah kayu flat, dipadukan dengan roda dari roller skate menajdi alternatif. Kala itu orang tidak menyebutnya dengan skateboard. Melainkan sidewalk surfing. Para peseluncur generasi awal, mengadopsi style-style yang ada di surfing. Mereka meluncur di jalanan kota dengan gila-gilaan. Kolam-kolam renang yang kering di halaman belakang rumah-rumah penduduk, tak luput dari santapan mereka. Skateboard menjadi hal yang mainstream di Amerika. Popularitasnya terus meroket seiring dengan lahirnya media lokal kala itu yang bernama Skateboarder Magazine. Kelak majalah ini akan menjadi majalah Skateboarding terbesar dan terlama yang pernah ada di dunia.

Skateboarding genersi kedua ditandai dengan munculnya ban “Cadillac” oleh Frank Nasworthy sekitar tahun 1970. Ban skateboard ini terbuat dari bahan Polyurethane. Dengan kemunculan ban ini, bisa dibilang ini adalah masa emas skateboarding generasi awal. Karena mulai banyak pula bermunculan perusahaan-perusahaan skateboard yang meramaikan pasar. Salah satu brand terbaik yang ada saat itu adalah, Trucker Trucks yang berdiri pada tahun 1976. Skateboard buatan mereka lebih smooth rapi, elastis dan kuat. Saat itu kondang dengan nama Banana Board. Masa kejayaan ini berlangsung tidak lama. Menginjak awal tahun 1980, skateboard meredup. Biaya yang besar dalam pembangunan skatepark menjadi kendala utama saat itu.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Setengah tahun vakum, skateboard generasi ketiga muncul ke permukaan dengan orang-orang yang lebih kreatif. Bila tahun-tahun sebelumnya para skater hanya meluncur begitu saja, kini gaya bermainnya lebih variatif. Itu dikarenakan Alan Gefland menemukan teknik Ollie. Maka dari itu namanya lebih dikenal dengan sebutan Alan Ollie Gefland. Namun Alan hanya menemukan Ollie di vert ramp.  Belum pernah ada ceritanya skater yang dapat melakukan ollie di flatground. Ya  tahun itu adalah tahun dimana revolusi skateboarding besar-besaran di mulai. Seorang pemuda yang bernama Jhon Rodney Mullen, menemukan cara menghentakan papan di flatground. Ollie yang ia lakukan dapat membuat ia dan papannya mengambang di udara. Inilah dasar dari hampir keseluruhan trik skateboarding saat ini. Tidak hanya itu, bahkan Mullen berhasil melakukan tendangan memutar papan. Atau yang saat ini di kenal dengan kickflip. Dengan kontribusi sebesar itu, layak rasanya bila ia menyandang gelar “The Lord”.

Sejak ditemukannya Ollie, skateboarding mengalami kemajuan yang signifikan. Baik dari segi trik, bentuk papan dan lain sebagianya. Hingga kini, skateboarding menjadi permainan yang popular di kalangan anak muda dunia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply