Selain Motor Cross, Inilah Ragam Motor Balap Offroad Lainnya

Selain Motor Cross, Inilah Ragam Motor Balap Offroad Lainnya

Bagi pecinta adrenalin bermotor bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk dilakukan, hanya saja tentunya bukan sembarangan olahraga bermotor, melainkan harus yang lebih menantang seperti diantaranya adalah olahraga motor cross, jenis olahraga bermotor di kondisi off road, lebih menantang dibandingkan dengan berkendara di jalanan on road biasanya. Sebenarnya jika dilihat jenis olahraga yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya.

 Selain Motor Cross, Inilah Ragam Motor Balap Offroad Lainnya

Bahkan bukan hanya dari kaum adam saja, melainkan banyak juga yang merupakan wanita, karena penuh dengan tantangan. Anda hanya perlu memiliki salah satu kendaraan penunjangnya saja dan beberapa sarana keselamatan penunjang, untuk aktivitasnya sama dengan mengendarai motor biasa, hanya saja jenis motornya memiliki ukuran sampai dengan pengoperasian yang agak berbeda, begitu juga untuk medan yang dilalui, sehingga jangan asal langsung terjun saja, belajar terlebih dahulu untuk memastikan keamanan.

 

Sebelumnya Anda juga harus tau ragam jenis motor yang umum digunakan untuk berkendara offroad ini agar tidak salah dalam memilih, diantaranya adalah:

 

  1. Motor cross, jenis kendaraan yang umum dipakai pada lintasan off road, namun tentunya tidak sekedar off road, melainkan di lintasan tersebut nantinya akan diberikan berbagai macam rintangan penunjang, sehingga jadi lebih sulit di dalam melaluinya, memiliki suspensi yang panjang sehingga memungkinkan pengendara untuk bisa melakukan lompatan yang tinggi. Sedangkan untuk variasi ukuran mesinnya juga beragam dari 500 hingga 650cc.
  2. Enduro, model yang satu ini umumnya dimodifikasi pada beberapa bagiannya, contohnya adalah penambahan klakson, lampu dan beberapa komponen penunjang yang lainnya.
  3. Motor rally, jenis motor yang satu ini sebenarnya adalah modifikasi dari enduro yang dibuat dengan tangki bahan bakar lebih besar dari sebelumnya, sehingga dapat menampung lebih banyak bahan bakar, sehingga dapat digunakan untuk arena balap yang lebih panjang, contohnya adalah di padang pasir, kapasitas mesin yang digunakan umumnya juga tergolong besar antara 450 sampai 750 cc.
  4. Trail, jenis kendaraan yang satu ini tak hanya bisa dipakai untuk medan off road, melainkan juga on road, hanya saja tidak dikhususkan untuk kebutuhan kompetisi, melainkan cukup dipakai untuk hobby berkendara saja.
  5. Trials, motor ini memang ditujukan untuk kompetisi off road, namun lebih kepada yang membutuhkan balancing atau keseimbangan jika dibandingkan dengan kecepatannya, karena medan yang dilalui benar-benar sulit.

Baca Juga : Serba Serbi Motor Cross Yang Semakin Banyak Peminatnya

Jadi jangan salah dalam memilihnya, kendaraan-kendaraan offroad ini pada dasarnya juga dijual dengan harga yang tinggi dibandingkan dengan jenis yang onroad, sesuai dengan kualitasnya sendiri. Jadi tertarik yang mana, motor cross, enduro, rally, trail atau yang trials, di pasaran dalam negeri sendiri sangat mudah untuk dijumpai dari berbagai merk ternama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply