Senam, Olahraga Ibu Hamil yang Mempermudah Persalinan

Senam, Olahraga Ibu Hamil yang Mempermudah Persalinan

Beberapa waktu belakangan ini olahraga ibu hamil sedang tren di kalangan calon ibu. Mereka beranggapan jika olahraga tersebut dapat mempermudah persalinan. Hal ini sepenuhnya bisa dibilang benar karena dengan berolahraga otot-otot tubuh akan terjaga kelenturannya sehingga tidak mudah tegang dan kram. Salah satu olahraga yang familiar di kalangan ibu-ibu hamil adalah senam. Berikut ini akan disampaikan beberapa gerakan senam ibu hamil yang dapat dilakukan di rumah:

Senam, Olahraga Ibu Hamil yang Mempermudah Persalinan

Push Up Dinding

Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot dada dan juga otot trisep pada lengan atas. Anda dapat berdiri menghadap tembok dan luruskan kedua tangan. Tekuklah siku secara perlahan sehingga memberikan kesan seolah-olah sedang mendorong tembok. Dekatkan dagu dan dada ke arah dinding. Anggap saja Anda sedang melakukan kegiatan push up ke arah dinding tersebut. Ulangilah gerakan ini selama 15 kali.

Berjongkok

Gerakan berjongkok dipercaya dapat membuka jalan lahir bayi ketika dilakukan dalam masa kehamilan. Gerakan berjongkok ini dapat Anda lakukan dengan bantuan bola senam yang lentur. Cara yang benar melakukan olahraga ibu hamil yang satu ini adalah dengan berdiri membelakangi dinding. Di belakang punggung atau diantara punggung dan dinding terdapat bola senam dengan posisi kaki sedikit terbuka. Lakukan gerakan menurunkan badan dengan tetap menjaga bola senam agar tidak jatuh ke lantai. Ketika posisi badan sedang turun ke bawah, kaki Anda membentuk sudut 90 derajat. Kembalilah ke posisi semula dan mengulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Latihan Mengangkat Kaki

Gerakan mengangkat kaki bertujuan untuk memperkuat punggung dan otot-otot perut ibu hamil. Posisikan tubuh seolah-olah seperti sedang merangkak dengan posisi lutut membentuk sudut 90 derajat dan kedua lengan diluruskan. Tumpuan badan berada sepenuhnya di kedua lengan yang letaknya tegak lurus di bawah bahu. Selanjutnya Anda dapat mengangkat dan meluruskan salah satu kaki hingga sejajar dengan punggung. Tahanlah posisi tersebut beberapa saat sebelum kembali ke posisi semula. Ulangilah beberapa gerakan di atas dengan menggunakan kaki yang lainnya. Anda dapat melakukan gerakan mengangkat kaki sebanyak 10 kali untuk kaki kanan begitupun sebaliknya 10 kali untuk kaki kiri.

Baca Juga : Senam Zumba, Senam Sehat Untuk Para Kawula Muda

Menaiki Bangku Pendek

Gerakan olahraga ibu hamil dengan menaiki bangku pendek bertujuan untuk memperkuat otot kedua tungkai. Anda dapat berdiri dan meletakkan bangku pendek di depan tubuh. Perlu di garis bawahi, bangku pendek ini harus memiliki tinggi tidak melebihi 20 cm dengan lebar yang cukup. Pijaklah kaki kiri ke bangku pendek kemudian turunkan. Setelah itu lakukan gerakan tersebut untuk kaki kanan. Ulang kembali gerakan tersebut namun kaki kanan terlebih dahulu. Anda dapat mengulangi gerakan ini 15-25 kali dengan posisi punggung tetap lurus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply