Senam Sehat, Olahraga Menyenangkan dengan Segudang Manfaat

Olahraga merupakan aktivitas yang kini mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat. Alasannya tentu saja karena kesibukan yang terlalu banyak. Padahal olahraga adalah aktivitas yang sangat penting untuk bisa olah tubuh demi kesehatan jangka panjang nantinya. Salah satu faktor yang menjadikan malas berolahraga biasanya karena dilakukan seorang diri. Untuk itu, ada baiknya Anda bisa menemukan kelompok untuk melakukan olahraga sehingga bisa dilakukan dengan lebih bersemangat. Salah satu jenis olahraga yang biasanya dilakukan beramai-ramai adalah senam sehat.

Olahraga senam biasanya lebih mengutamakan pada olahraga yang aktif dan banyak bergerak. Namun ada juga senam yang perlahan dan lembut, yang jelas demi bisa mendapatkan otot yang lebih lentur dan tubuh yang fit. Biasanya banyak orang yang tahu jika olahraga senam bagus untuk kesehatan, lalu apa bagusnya? Berikut ini penjelasannya secara lebih spesifik:

  • Meningkatkan kemampuan gerak

Senam akan bermanfaat demi bisa mengembangkan adanya komponen fisik serta kemampuan dalam gerakan. Orang yang terlibat di senam mampu mengembangkan daya tahan otot, kekuatan hingga kelenturan dan kelincahan terlebih jika mau mengimbangi dengan menjaga pola makan dan usaha demi mendapat kesehatan lainnya. Dengan berolahraga teratur, maka kesehatan serta perkembangan fisiknya akan lebih seimbang.

  • Mental dan sosial

Senam sehat juga mampu memberikan manfaat pada mental dan sosial. Ketika olahraga, tubuh akan berkeringat dan mampu mengeluarkan hormon bahagia sehingga pikiran stres dan tertekan bisa terlepaskan. Hal ini akan menjadikan pikiran menjadi lebih positif setiap harinya. Sedangkan untuk manfaat sosial, mengingat biasanya senam ini dilakukan secara bersama-sama, maka Anda menjadi lebih banyak teman dan bisa saling mengingatkan untuk lebih rajin lagi dalam berolahraga.

  • Meningkatkan fungsi jantung

Gerakan senam berulang dan kontinyu akan membuat jantung mampu bekerja lebih cepat. Apabila Anda mampu melakukannya setidaknya selama 20 menit saja, maka Anda sudah mampu untuk memulai langkah sehat jantung di masa depan. Lakukan secara rutin dimulai dari 2 kali per minggu dan intensitasnya bisa ditambahkan.

  • Menurunkan berat badan

Sudah bukan rahasia lagi jika ingin menurunkan berat badan maka olahraga harus dilakukan. Olahraga yang dimaksud bisa olahraga apa saja termasuk senam ini. Pembakaran lemak akan semakin meningkat jika Anda mampu terus melakukannya secara rutin.

Baca Juga: Sehat Dengan Senam Aerobic

  • Meningkatkan fungsi kognitif

Senam menjadi olahraga yang bisa membuat penyebaran oksigen di tubuh lebih baik bahkan hingga ke otak. Jika asupan oksigen ke otak bisa terpenuhi, maka fungsi otak pun akan meningkat sehingga menjadikan kognitif pun meningkat.

Itulah beberapa manfaat dari senam sehat yang perlu Anda ketahui. Jadi sekarang jangan sampai malas lagi untuk melakukan olahraga karena olahraga senam juga menyenangkan dan menyehatkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply