Senam Zumba, Senam Sehat untuk Para Kawula Muda

Senam Zumba, Senam Sehat untuk Para Kawula Muda

Olahraga senam merupakan olahraga pembentukan tubuh, yang pada umumnya lebih banyak dan lebih sering dilakukan oleh para wanita. Selain dapat memberikan efek pembentukan tubuh yang lebih optimal, setiap gerakan dalam senam konon juga dikenal mampu memberikan efek simulasi bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kegiatan olahraga senam sendiri, terbagi dalam beberapa jenis ataupun kategori senam, yang dapat dipilih oleh para pelakunya sesuai dengan tujuan dan selera mereka dalam melakukan kegiatan olahraga yang satu ini. Salah satu jenis senam yang kini sedang menjadi trend dikalangan para wanita dewasa dan para remaja adalah jenis senam zumba.

 Senam Zumba, Senam Sehat untuk Para Kawula Muda

Zumba sendiri merupakan salah satu senam yang dipopulerkan oleh seorang koreografer asal Colombia pada era tahun 1990 dan mulai populer dikalangan masyarakat Indonesia pada tahun 2010an. Senam ini memang lebih banyak diidentikkan dengan gerakan menari, yang dapat mengeluarkan keringat dengan gerakan sederhana dan mudah untuk dipahami. Dalam gerakan senam ini, beberapa jenis tarian dipadukan didalamnya terutama gerakan tarian yang berbasis pada tari tango dan tari latin lebih kental terdapat dalam gerakan dan irama yang digunakan dalam senam yang satu ini. Gerakan tarian ini dapat menyerupai sebuah gerakan senam, karena diselipkan berbagai gerakan senam aerobik didalamnya.

Bagi Anda para wanita yang memang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, tak ada salahnya jika Anda memilih senam zumba ini sebagai alternatif terbaik dalam melakukan gerakan olahraga, karena memang senam ini dapat memberikan banyak manfaat. Adapun diantara manfaat tersebut, antara lain adalah:

  • Membakar kalori dalam tubuh secara lebih optimal.
  • Gerakan tubuh yang menyeluruh dan terlatih dengan baik, secara langsung ataupun tidak langsung dapat mengontrol pola kerja jantung menjadi lebih baik, sehingga kesehatan jantung pun dapat terjaga dengan maksimal.
  • Mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, sehingga secara tidak langsung pun dapat memberikan efek bagi kesehatan psikis para pelakunya.

Bagi Anda para wanita yang tertarik untuk melakukan berbagai gerakan dalam olahraga zumba ini, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukannya dibawah pengawasan ahli ataupun profesional, agar nantinya tidak terdapat kesalahan dalam gerakan, yang justru dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh Anda. Lakukan gerakan sesuai dengan instruksi dan pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. 

Berbagai sanggar senam zumba pun kini banyak tersebar diberbagai wilayah Indonesia, sehingga akan lebih memudahkan Anda ataupun siapapun yang ingin melakukan gerakan dalam senam ini secara lebih aman. Dengan menjadi anggota ataupun member dari sebuah sanggar senam, tidak hanya berbagai gerakan terarah dan diawasi saja yang dapat Anda temukan, namun pertemanan pun dapat Anda jalin dalam sanggar senam tersebut secara lebih luas lagi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply