Sepak Terjang Yayuk Basuki sebagai Pemain Tenis Terbaik Indonesia

Atlet ini terlahir di Yogyakarta, 30 November 1970 dengan nama Nani Rahayu Basuki, atau biasa dikenal dengan nama Yayuk Basuki. Ia adalah atlet tenis terbaik Indonesia dan yang pertama kali menjuarai turnamen professional. Yayuk Basuki berkali-kalli berhasil membawa nama harum Indonesia dengan mengibarkan merah putih di ajang kompetisi tenis dunia. Selama kariernya menjadi atlet ia berhasil memperoleh enam gelar tunggal Tur WTA, 5 ITF dan mencapai peringkat 19 dunia. Serta sembilan gelar ganda Tur WTA, 25 ITF dengan peringkat tertinggi nomer 9 dunia.

Diawali pada tahun 1989, Yayuk berhasil menjuarai turnamen seri ITF (International Tenis Federation) yaitu Garuda Indonesia Super Tenis dan turnamen tenis seri ITF di Thailand, dari sinilah karier Yayuk Basuki perlahan mulai melejit.

Di tahun 1990, Yayuk mulai terjun di dunia tenis pro internasional, dan peringkatnya pun mulai naik. Tahun 1991 Yayuk menang dalam kejuaraan tenis professional di Pattaya Thailand. Dalam kejuaraan ini ia berhasil mengalahkan Naoko Sawamatsu petenis asal Jepang yang punya peringkat 27 dunia, sedangkan Yayuk pada saat itu masih diperingkat 178 dunia. Hal ini sangat membuat bangga Indonesia karena Yayuk bisa masuk peringkat 100 besar petenis dunia. Di tahun ini juga Yayuk masuk turnamen Grand Slam tertua Wimbledon yang merupakan tingkatan tertinggi pada turnamen tenis, walaupun hanya mencapai babak ke tiga karena kalah dari Steffi Graf, petenis dunia nomor 1 saat itu.

Baca juga: Kabar Olahraga Dari PON XIX/2016

Masuk tahun 1992, Yayuk kembali mengikuti kejuaraan tenis Wimbeldon dan masuk sampai babak keempat Juara Malaysia Terbuka. Tahun 1993 masuk pada babak keempat Juara Pattaya Terbuka Juara Indonesia Terbuka. Di tahun 1994, Yayuk hanya sampai di babak keempat Juara Nokia Juara Indonesia Terbuka. Masuk tahun 1995 Yayuk masuk dalam kategori atlet terbaik versi SIWO PWIjaya. Di tahun ini juga banyak sekali kejuaran yang diraih, yaitu masuk semi final Indonesia terbuka, masuk babak ketiga Australia terbuka dan Toray Pan Pasifik, masuk babak kedua Indian Wells, masuk babak ketiga Lipton dan masuk babak kedua Piala Federasi.

Di tahun 1996, prestasi Yayuk semakin meningkat sampai ke Eropa dan Amerika, beberapa turnamen yang diikuti meliputi kejuaraan Tasmania terbuka dan masuk babak ketiga, turnamen Perancis terbuka dan masuk babak ketiga. Serta menang atas Iva Majoli dalam turnamen Kanada terbuka. Tahun 1997, lebih banyak turnamen dan prestasi yang di dapat. Di Australia terbuka masuk babak kedua. Di Perancis terbuka masuk sampai perempat final. Di tahun ini Yayuk masuk peringkat 21 WTA dan masuk 8 besar Wimbledon di Birmingham. Semifinalis turnamen Princess Cup di Tokyo, serta beberapa prestasi ganda lain.

Tahun 1998, mencapai babak keempat turnamen Grand Slam Australia terbuka serta semifinalis turnamen Birmingham. Tahun 1999 Yayuk melahirkan anak pertamanya tapi masih sempat bertanding di Australian Open Grand Slam dan mencapai babak perempat final untuk nomer ganda puteri. Tahun 2001 – 2008 Yayuk vakum dan kembali lagi mengikuti kompetisi di nomor ganda puteri tahun 2009 sampai.

Begitu banyak prestasi yang sudah diraih oleh Yayuk Basuki untuk mengharumkan nama bangsa ini. Tentunya hal ini menjadikan atlet-atlet lain untuk lebih bersemangat dalam meraih prestasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply