Seputar olahraga skateboarding

Seputar olahraga skateboarding. Skateboard mulai ada sejak tahun 1950-an di California Amerika. Dan kini sebagian besar skater-skater pro di amerika sana, setengahnya berada di California. Awalnya memang karena ombak sudah tidak lagi bersahabat. Para peselancar pun mencari cara agar tetap bisa merasakan adrenalin walau tanpa ombak. Maka mereka pun mengkombinasikan sebuah roda dari sepatu roda dengan sebuah kayu flat yang berat dan tebal. Dengan bentuk papan seadanya, mereka mulai meluncur bebas di jalanan kota.

Sampai pada tahun 1975 kebanyakan skater hanya meluncur dan bermain bebas saja di atas papan skate mereka. Trik-trik yang ada saat itu tidak banyak seperti sekarang. Hingga pada tahun 1976 Alan Gefland menemukan teknik ollie di ramp yang membuat trik-trik skateboard yang dilakukan di ramp menjadi bervariasi. Namun justru yang membuat skateboard begitu populer dengan trik-triknya adalah Rodney Mullen dialah orang pertama yang melakukan ollie di flatground. Yang menjadi dasar penting dalam melakukan berbagai macam trik-trik tekhnikal seperti yang kebanyakan orang lihat saat ini. Seperti Kickflip, heelflip, 360 flip, pop shove-it, imposible, hardflip, handstand, primo slide, dark slide dan banyak lagi lainnya. Membuat olahraga ini menempati posisi ke 5 dalam hal kepopuleran.  

Baca Juga: Skateboard Olahrga Ekstrim Yang Digandrungi Anak Muda

Di generasi sekarang skateboarding banyak didominasi street skating dengan lebar papan 7,25 – 8,25 inchi dan panjang 32 inchi. Rodanya pun relatif lebih kecil dengan bahan yang ringan namun kuat. Dengan setelan seperti itu tentu membuat trik lebih mudah dilakukan.

Yah skateboard tidak selalu identik dengan keren. Ada resiko cedera yang menanti. Bahkan diperkirakan hampir seratus ribu orang setiap tahunnya mendatangi tempat-tempat perawatan akibat cedera saat bermain skateboarding. Maka dari itu kamu harus persiapkan itu semua. Baik mental mau pun fisik. Kalau kamu ingin serius menerjuni skateboard siapkanlah hal ini dengan baik. Karen akebanyakan skater-skater yang baru mulai main akan berhenti begitu dirasa susah beradaptasi, apalagi belom-belom sudah cedera duluan. Untuk meminimalkan hal tersebut gunakanlah pelindung tubuh. Seperti Knee Pad untuk melindungi lututmu dari cedera. Bagian ini memang rentan terkena benturan. Namun ada yang lebih rentan lagi yaitu bagian tangan. Ketimbang patah kaki, skater-skater lebih banyak dihantam cedera pada bagian tangan, terutama sikut dan pergelangan tangan. Pergunakanlah Elbow pad atau kalau perlu sarung tangan. Safety gear lainnya adalah helem. Tidak jarang benturan di kepala sering dialami kebanyakan skater saat bermain. Terutama yang doyan drop in dari ketinggian.

Skateboard memang keren, tapi kalau cedera parah, ya abis sudah. Safety gear perlu dan pemanasan ringan sebelum bermain juga tak kalah pentingnya. So, still enjoy and keep roolin!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply