Serba Serbi Motor Cross Yang Semakin Banyak Peminatnya

Serba Serbi Motor Cross Yang Semakin Banyak Peminatnya

Berkembangnya olahraga extrem di Indonesia sungguh beraneka ragam. Salah satunya motor cross yang merupakan olahraga adu kecepatan motor di sirkuit offroad.  Olahraga ini pertama kali berkembang di Inggris di awal abad 20. Disaat itu pula sebuah perlombaan diadakan dan benar tidak butuh lama olahraga ini sangat populer di Inggris.

Serba Serbi Motor Cross Yang Semakin Banyak Peminatnya

Kesuksesan olahraga ini semakin meningkat di dunia internasional dan kemudian olahraga ini terkenal sebagai balapan motor cross yang berasal dari bahasa Perancis dari kata sepeda motor dan lintas negara. Organisasi motor internasional FIM pada tahun 1952 mengadakan European Championship kelas individu dengan penggunaan perpindahan mesin 500cc. Dan setelah lima tahun kemudian, tepatnya tahun 1957 perlombaan berubah menjadi World Championship.

Pada tahun 1967, dengan didominasi oleh perusahaan Husqvarna dari Swedia dan Greeves dari  Inggris kejuaraan dunia motor cross 250cc mulai diikutsertakan. Pada tahun 1966 Torsten Hallman mulai memperkenalkan motor cross di Amerika Serikat yang menjadikan popularitas dari kejuaraan ini semakin berkembang. Hingga sekarang olahraga ini secara signifikan berkembang dengan segala jenis kelas dan medan.

Namun khusus untuk motor cross penggunaan special engine (SE) disematkan pada mesin motor, dimana motor hanya dapat dipakai dilintasan balap bukan diluar sirkuit balapan. Seluruh bagian motor dimodifikasi sangat sederhana bahkan fitur yang dianggap tidak diperlukan akan dilepaskan. Jadi  anda jangan merasa heran jika tidak menemukan indikator kecepatan, rpm, lampu depan, lampu belaka, dan sein di motor balap ini.

Motor cross ini memiliki spesifikasi bersuspensi dengan design travel panjang untuk keperluan melompat di sirkuit offroad. Ukuran dari ban motor juga lebih besar dengan ukuran ban depan 21 inci dan ban belakang 19 inci. Hal ini bertujuan untuk keamanan saat motor akan melewati hambatan pada sirkuit dan trek yang tidak dapat kita prediksi. Untuk akselerasi mesin motor bukan untuk putaran atas atau nafas panjang tapi diutamakan untuk putaran bawah.

Pecinta olahraga ini didominasi kaum pria dengan alasan menantangan andrenalin jadi mengesampingkan risiko dari olahraga ini. Padahal resiko dari olahraga ini sangat tinggi hingga butuh kesiapan dan keahlian dalam mengendarai motor. Bagi anda pemula dalam olahraga ini disarankan untuk memiliki pelatih khusus hingga anda dirasa telah mahir dalam mengendalikan motor cross ini.

Lengkapi diri anda dengan perlengkapan wajib dalam mengendari motor cross ini, seperti helm serta pelindung bagian tubuh untuk siku dan lutut. Seluruh pelengkapan ini setidaknya meminimalisir luka apabila terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan, seperti terjadinya kecelakaan atau terjatuh dari motor. Untuk anda ingat spesifikasi motor ini sangat berbeda dengan motor yang sehari-hari kita kendarai. Mengingat medan yang dilewati lintasan yang tidak biasa maka spesifikasi motor cross pun disesuaikan dengan kondisi tersebut.   

Be Sociable, Share!

Leave a Reply