Serba Serbi Olahraga Loncat Indah yang Perlu Diketahui

Jika Anda pernah melihat olahraga dimana gerakannya meloncat dari ketinggian seperti akrobat sebelum atlet mencebur ke air, maka itu adalah olahraga loncat indah. Olahraga yang satu ini adalah gabungan dari gerakan senam serta seni untuk kelenturan tubuh dan dimainkan dari ketinggian air tertentu. Dalam suatu kompetisi, aspek penilaiannya adalah pada keindahan dan juga ketepatan gerakan. Dalam olahraga ini, gerakan yang dimainkan ketika di udara pun sangat banyak mulai dari salto depan, salto belakang dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya semua orang bisa melakukan olahraga yang satu ini, namun tentunya ada teknikyang harus dipelajari juga. Untuk pemula sendiri, sangat tidak disarankan untuk langsung meloncat dari menara loncat karena bisa menyebabkan cedera dan bahaya. Bagi yang ingin berlatih namun masih pemula, maka bisa melakukan latihan di pinggir kolam terlebih dulu. Tetapi pastikan untuk cek kedalaman kolamnya mengingat kedalaman air adalah faktor penting dalam keselamatan. Olahraga ini di Indonesia ada bernaung di bawah PBPRSI atau pengurus persatuan renang yang ada di Indonesia.

Olahraga loncat indah pertama kali dikompetisikan di tahun 1905 di Inggris. Perpaduan antara loncatan dan disertai akrobat menjadi salah satu daya tarik tertingginya. Untuk langkah awal pada gerakannya adalah dengan meloncat yang dimulai dari take off pantulan dan kemudian baru masuk ke air. Penggunaan papannya merupakan kombinasi gerakan ketika di udara lalu kemudian baru masuk ke air. Waktu dalam melakukan loncatan adalah 2 langkah pertama dengan ujung kaki persis seperti berjalan. Ada juga langkah berlari. Ketika melepaskan diri dari papan loncat baik awal maupun belakang, posisi tubuh dan gerakan kedua lengan sama seperti halnya ketika lompatan atas.

Jika dilihat kembali, teknik yang ada pada olahraga ini sebetulnya adalah perpaduan dari teknik kelenturan tubuh dan juga teknik senam. Meski jika melihat video dari para atlet atau melihat sendiri akan terlihat sangat sulit dan menantang, namun sebetulnya siapapun bisa mempelajari olahraga ini. Namun tentu butuh kemauan yang keras dan juga latihan terus menerus. Modal awal untuk bisa berlatih olahraga ini adalah bisa berenang karena tanpa bisa berenang, maka keselamatan taruhannya.

Untuk tekniknya sendiri bisa dimulai dengan sederhana misalnya locat seperti gerakan salto depan atau ke belakang. Namun jika masih ragu, maka mencoba dulu degan meloncat ke dalam air seperti biasa agar bisa membiasakan diri, mental dan tubuh. Jike keberanian telah terkumpul, maka gaya lain yang lebih khusus bisa dicoba. Lakukan latihan loncat indah terus menerus dari gerakan biasa yang sederhana lalu dikembangkan menuju ke gerakan lain yang lebih indah tentunya. Jika Anda serius menekuni, maka ada baiknya menemukan pelatih yang tepat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply