Serba-serbi Sepeda Gunung yang Harus Anda Tahu

Sepeda adalah salah satu alat olahraga yang begitu banyak digunakan. Bersepeda pun menjadi salah satu olahraga pilihan yang begitu banyak digemari karena mudah untuk dilakukan. Bersepeda dapat dilakukan dengan cara santai atau bisa dilakukan dengan ekstrim. Bersepeda dapat menjadi olahraga yang ekstrim karena dilakukan di tempat ekstrim seperti di gunung, daerah dataran tinggi. diperlukan sepeda khusus untuk mendukung olahraga yang ekstrim ini yakni sepeda gunung atau MTBSepeda khusus ini mempunyai karakter yang berbeda dari sepeda santai atau pun sepeda harian karena akan melewati berbagai daerah yang terjal dan keras.

Sepeda ini mempunyai beberapa model. Beberapa kategori dibedakan berdasarkan pada medan yang akan di lalui. MTB memerlukan pengamanan yang ekstra saat melakukannya. Oleh sebab itu Anda harus memiliki MTB yang berkualitas dan bagus. Untuk melakukan olahraga ini memang tidak memerlukan biaya sedikit. Banyak model MTB yang bisa menjadi pilihan. Namun bagaimana cara memilih sepeda yang berkualitas?

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih sepeda gunung berkualitas, seperti:

  1. Pilih MTB yang memiliki suspensi sesuai. Suspensi MTB akan membuat Anda semakin nyaman melakukan berbagai olahraga ekstrim. Pemilihan suspensi bisa disesuaikan dengan berat Anda, semakin berat bobot tubuh Anda, maka akan semakin besar pula suspensi yang Anda perlukan.
  2. Berat sepeda MTB. Berat dan MTB juga bervariasi, pilih MTB yang memiliki berat sesuai kebutuhan Anda. berat MTB berasal dari frame. Frame bisa disesuaikan dengan berat Anda, jangan lupa perhatikan komponen penting dari MTB seperti gigi, pedal, rem, berat roda yang lainnya, komponen ini begitu penting karena bisa membuat Anda lebih nyaman ketika bersepeda. Oleh sebab itu Anda memerlukan komponen berkualitas
  3. Tentukan budget. Anggaran yang Anda miliki harus ditentukan. Pilih MTB yang sesuai kebutuhan dan anggaran Anda. entah membeli secara online, atau membeli di toko langsung, selalu perhatikan anggaran yang sudah disiapkan.

Setelah bisa memilih sepeda yang berkualitas, berikutnya adalah perawatan. Bersepeda pasti akan terasa lebih nyaman jika kita mengendarai MTB dalam kondisi yang bagus. Lantas, bagaimana cara merawat MTB ini agar selalu memiliki performa yang unggul? Jika Anda baru pertama kali ini memiliki sepeda, berikut berbagai macam cara untuk merawat MTB.

Cara merawat sepeda gunung seperti:

  • Mencucinya dengan teratur. Agar tetap bagus dan kinclong, MTB Anda harus dicuci secara teratur, pencucian bisa menggunakan sabun khusus atau sabun biasa,
  • Beri oli pada rantai. Jangan lupa memberikan oli di rantai dengan teratur, sehingga MTB bisa digunakan dengan baik,
  • Lakukan pemeriksaan rutin. Sebelum menggunakan MTB Anda, usahakan melakukan pemeriksaan dengan rutin, sehingga MTB yang akan digunakan bisa di dalam keadaan baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply