Sering Gym Namun Tidak Memberikan Manfaat Maksimal? ini Dia Penyebabnya

Sering Gym Namun Tidak Memberikan Manfaat Maksimal? ini Dia Penyebabnya

Banyak sarana yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga, salah satunya adalah dengan mendatangi gym. Tapi banyak pula orang yang telah menempuh jalan ini tidak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal dari usahanya. Mungkin inilah beberapa sebab mengapa hasil yang memuaskan tidak kunjung menghampiri Anda.

Sering Gym Namun Tidak Memberikan Manfaat Maksimal? ini Dia Penyebabnya

Ketidakseimbangan Pola Latihan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan seimbang sehingga otot tubuh Anda bisa terbentuk sama. Sering kali pelaku olahraga tidak memperhatikan bagian-bagian otot secara menyeluruh tetapi hanya berat sebelah. Nah inilah penyebab latihan Anda tidak berhasil. Sebaiknya Anda berlatih secara terfosir dan diimbangi dengan latihan gabungan.

Tanpa Jadwal yang Jelas

Tak jarang berolahraga tanpa motivasi membuat Anda merasa malas ketika sudah lelah. Ternyata kesalahan ini yang membuat hasil olahraga menjadi tidak terlihat. Untuk menghilangkan rasa malas, Anda bisa memulai olahraga kecil di lingkungan sekitar atau menggunakan video panduan untuk berolahraga di rumah.

Ikuti Cara Orang Lain Berolahraga

Anda bisa mencari seorang pelatih yang bisa membimbing dan mendisiplinkan Anda saat berolahraga. Dengan adanya pelatih, pola olahraga Anda bisa dirancang secara sistematis dan lebih efektif serta efisien untuk dijalankan.

Makan tidak Terkontrol

Sering ditemukan, mereka yang selesai merelakukan gym dengan ekstra keras justru berakhir dengan makan-makanan tanpa terkontrol. Boleh saja mengganti kalori yang terbuang namun jangan berlebihan. Sebaiknya ganti dengan makanan rendah kalori namun bisa mempertahankan rasa kenyang. Namun sebaiknya Anda juga tidak makan terlalu sedikit karena saat berolahraga Anda juga membutuhkan adanya energi.

Terlalu Lama di Tempat Latihan

Menghabiskan waktu berjam-jam di tempat fitness justru tidak baik untuk olahraga Anda. Sebaiknya Anda hanya mengulangi latihan dua sampai 3 kali dan beristirahat setelah itu.

Istirahat yang Kurang

Jika Anda sudah sangat menyukai berolahraga di gym, tidak menutup kemungkinan Anda akan berolahraga dengan cukup lama serta berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka potensi tubuh Anda cidera lebih besar karena tubuh memiliki kemampuannya sendiri sebagai batas dari latihan yang bisa ia terima.

Kesalahan saat Memakai Alat

Meskipun terlihat sepele, namun jika Anda salah dalam saat latihan di gym banyak risiko yang dapat Anda rasakan mulai dari cidera hingga kegagalan dari olahraga yang Anda jalankan. Jadi pastikan Anda ditemani oleh pelatih fitness untuk mengatur postur tubuh dengan benar.

Pengulangan Latihan yang Tidak Efektif

Bagi seorang pemula, umumnya Anda memiliki intensitas berolahraga dengan beban yang ringan namun terlalu banyak repetisi. Ini justru membuat Anda lama menghabiskan waktu di gym namun tidak membuahkan hasil karena hanya berfokus pada satu otot saja. Lebih baik Anda melakukan banyak gerakan namun bisa melatih seluruh otot tubuh dengan jumlah pengulangan yang sedikit.

Terlalu Memaksakan Melakukan Hal Berat

Kesalahan yang juga sering dilakukan saat gym adalah tidak memulainya dengan pemanasan dan langsung berlatih dengan beban tinggi. Sebenarnya inilah alasan sering terjadinya cidera. Anda bisa memulainya dari hal yang ringan dan secara bertahap naik tingkat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply