Sering Mengalami Kram Otot? Ini Dia Penyebabnya

Sering Mengalami Kram Otot? Ini Dia Penyebabnya

Anda yang telah menjalani rutinitas berolahraga, tak jarang mengalami rasa sakit di bagian tubuh. Rasa sakit yang dialami merupakan kontraksi kuat pada otot (mengencang) yang berlangsung selama beberapa detik atau bahkan menit. Kram otot ini biasanya terjadi di kaki. Terkadang ini terjadi bukan hanya saat berolahraga tetapi juga saat tidur. Kejang pada otot ini juga sering ditemui di seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang umur.

Sering Mengalami Kram Otot? Ini Dia Penyebabnya

Gejala yang Umum Muncul

Kram pada otot seringkali terjadi di bagian kaki terutama pada betis. Saat terjadi, Anda bisa merasakan adanya benjolan keras yang terdapat di bagian jaringan otot di bawah kulit. Namun masih ada kemungkinan lain yang menyebabkannya dan bisa Anda konsultasikan dengan dokter.

Anda bisa mendatangi dokter jika mengalami gejala-gejala kram otot seperti munculnya pembengkakan di kaki, perubahan kulit kaki, rasa tidak nyaman yang berlebihan, melemahnya otot-otot yang tidak kunjung membaik, dan munculnya kram tidak dikarenakan olahraga atau tidak ada sebab yang jelas.

Banyak Hal yang Menyebabkan Kram atau Kejang Otot

Ternyata kram muncul tidak begitu saja. Banyak kemungkinan penyebabnya sehingga bisa terjadi kejang pada otot Anda. Beberapa penyebab yang mungkin Anda rasakan adalah cidera akibat berlebihan olahraga, kehamilan, berdiri di permukaan keras dengan durasi lama, posisi yang tidak nyaman saat tidur, dehidrasi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan kram akibat efek suhu dingin. Penyebab lain saat Anda mengalami kejang otot adalah adanya penyakit pada arteri periferal, pernyakit tiroid, penyakit ginjal, dan multiple sclerosis.

Resiko Anda Terkena Kram atau Kejang Otot

Kram otot ternyata juga bisa menyerang Anda karena memiliki risiko. Banyak faktor risiko yang bisa memicu munculkan kejang pada otot pada tubuh Anda yaitu faktor usia dimana massa otot sudah banyak yang hilang sehingga mudah stres, masa kehamilan, tubuh Anda dehidrasi terutama saat berolahraga di cuaca yang terik, dan kondisi medis dari tubuh Anda terutama yang mempunyai penyakit diabetes, hati, tiroid, dan juga gangguan saraf.

Diagnosis

Munculnya kejang pada otot secara tiba-tiba ini bisa Anda tanyakan ke dokter. Umumya dokter akan menanyakan gejala apa saja yang telah Anda alami seperti mati rasa dan bengkak pada bagian yang kejang. Dua gejala itu adalah gejala sekunder yang paling sering muncul akibat suatu kondisi. Tak jarang Anda akan diminta untuk menjalani tes lanjutan seperti tes urin atau darah untuk hasil diagnosis yang pasti.

Pengobatan yang Dapat Anda Jalani

Kram otot yang terjadi pada durasi pendek seperti beberapa detik atau menit bisa Anda atasi dengan latihan otot. Anda bisa melakukan peregangan otot dengan berdiri di tangga dengan tumit menggantung beberapa lama dan mengulanginya. Jika kram otot ini terjadi karena penyakit, biasanya dokter akan memberikan obat untuk merilekskan otot Anda. Anda juga dapat meregangkan otot di rumah dengan mandi air hangat dan mengompres kaki dengan es.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply