Sering Merasa Kram Kaki di Malam Hari? Ketahuilah Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini!

Sering Merasa Kram Kaki di Malam Hari? Ketahuilah Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini!

Manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk bisa kembali beraktivitas dengan normal dan sehat pada keesokan harinya. Setidaknya, manusia harus memiliki waktu tidur tidak kurang dari 5 hingga 7 jam setiap harinya. Namun, sering kali ketika hendak tidur, kita merasakan beberapa gangguan yang membuat sulit untuk terlelap. Masalah tersebut itu sendiri biasanya datang dari dalam diri sendiri, misalnya seperti insomnia, hingga mengalami kram kaki di malam hari. Ketika merasakan keram tersebut, biasanya ketika kita sedang tertidur dan dibangunkan oleh rasa sakit yang begitu hebat dan juga mendadak. Hal ini memang sering terjadi dan hanya terjadi dalam hitungan detik dan menit saja. Namun nyatanya gangguan ini cukup menyiksa masyarakat Indonesia dan alhasil mereka pun tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa penyebab keram pada bagian kaki pada malam hari sebelum atau sedang tertidur, seperti:

Sering Merasa Kram Kaki di Malam Hari? Ketahuilah Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini! 

  • Gangguan Medis

Hal paling pertama yang mungkin saja bisa membuat Anda mengalami keram pada bagian kaki ketika malam hari saat tidur adalah karena adanya gangguan secara medis. Hal ini biasanya dapat disebabkan karena adanya sirkulasi darah yang kurang lancar, terkena penyakit ginjal, mengalami tiroid, atau pun mengalami multiple sclerosis. Selain itu, para ibu hamil juga pastinya sering merasakan hal yang satu ini ketika tidur di malam hari dan terasa sangat mengganggu. 

  • Kekurangan Mineral

Selain adanya gangguan medis, ternyata Anda juga dapat mengalami kram kaki tersebut karena kurangnya mineral di dalam darah. Mineral-mineral tersebut seperti kalsium, potassium, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral agar nantinya Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, tanpa harus mengalami masalah keram tersebut. Selain itu, jangan biarkan tubuh merasa dehidrasi karena hal ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan tersebut. 

  • Berdiri Terlalu Lama

Penyebab lainnya yang dapat membuat Anda merasakan keram tersebut juga bisa disebabkan karena Anda terlalu lama berdiri di atas permukaan yang cukup keras. Selain berdiri, duduk dalam waktu yang lama atau pun posisi kaki yang terasa tidak nyaman pada saat tidur juga dapat membuat Anda mengalami keram. Jangan biarkan juga kaki terpapar oleh udara dingin dalam waktu yang lama serta kurangi mengonsumsi pil kontrasepsi, statin, steroid, atau pun obat antipsikotik jika tidak ingin mengalaminya. 

Jika mengalami gangguan kram kaki di saat tidur di malam hari, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara, seperti: 

  • Pijat bagian tersebut dan lakukan peregangan.
  • Mandi menggunakan air hangat agar otot menjadi lebih rileks, atau Anda juga bisa mengompresnya dengan air hangat.
  • Cukupi cairan di dalam tubuh.
  • Jangan terlalu lama tiduran, namun selingi dengan berjalan sebentar.
  • Berolahraga secara bertahap.
  • Jika memburuk, segera periksakan hal tersebut ke dokter.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply