Sering Olahraga Malam-Malam? Inilah Efeknya bagi Kesehatan

Sering Olahraga Malam-Malam? Inilah Efeknya bagi Kesehatan

Jadwal rutinitas sehari-hari yang terlalu padat membuat beberapa orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi atau siang hari. Sehingga, tidak sedikit yang memilih untuk melakukan olahraga malam. Tapi sebaiknya Anda mulai waspada jika memang sering berolahraga di waktu malam. Sebab, meskipun Olahraga memang sehat, namun jika dilakukan larut malam efeknya justru bisa berbalik merugikan. Mengapa demikian?

Sering Olahraga Malam-Malam? Inilah Efeknya bagi Kesehatan

Olahraga Malam Hari Tidak Baik bagi Kesehatan

Hal ini berkaitan dengan jam biologis tubuh. Saat larut malam, jam biologis tubuh akan mengingatkan bahwa sudah saatnya untuk tidur. Jam biologis untuk mengatur bagaimana tubuh berfungsi akan terkecoh dengan perubahan “jadwal” saat Anda memaksa olahraga malam-malam. Akibatnya, tubuh Anda jadi rentan sakit dan mengalami cepat.

Dampak Kesehatan Akibat Suka Berolahraga saat Malam

  1. Sulit tidur

Dekatnya waktu Berolahraga dengan waktu tidur berdampak pada sulit tidur. Sebenarnya, hal ini tidak terjadi jika olahraga yang dilakukan tidak berat. Jadi, saat memutuskan berolahraga malam pilih kegiatan yang santai dan menyenangkan.

  1. Gampang sesak napas

Dibandingkan pagi atau sore hari, kandungan oksigen dalam udara malam lebih sedikit. Padahal, berolahraga di area oksigen yang minim akan membuat Anda mudah lelah dan kecapekan. Sebab, olahraga membutuhkan banyak oksigen untuk menjaga pernapasan dan aliran darah ke jantung tetap lancar. Saat berolahraga dan Anda Kekurangan oksigen bisa memicu sesak napas setelahnya.

  1. Berkurangnya daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh bisa berkurang karena olahraga di malam hari. Sebab, akan banyak energi yang hilang dari tubuh tanpa ada cukup jeda untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Terlebih jika olahraga yang Anda lakukan tergolong berat, seperti berenang atau angkat beban. Melemahnya daya tahan tubuh tentu akan membuat Anda rentan terserang beberapa penyakit, seperti flu atau demam.

Apakah Sama Sekali Tidak Boleh Berolahraga Di malam Hari?

Pada dasarnya tidak ada larangan untuk Olahraga malam hari. Namun, saat melakukannya disarankan untuk melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Kecepatan dan daya berolahraga yang lebih lambat, akan memudahkan tubuh mengatur detak jantung, pernapasan dan menjaga kadar normal hormon. Selain itu, jangan lupa pemanasan sebelum olahraga dan melakukan pendinginan setelahnya.

Anda bisa membuat jurnal untuk membandingkan efek antara jenis latihan, kebugaran setelah olahraga, dan pola tidur sehari-hari. Hasil dari perbandingan antara olahraga malam dan dampaknya ke tubuh bisa Anda dijadikan sebagai acuan untuk mengatur aktivitas sehari-hari yang tepat.

Catatan hasil dari olahraga malam yang disarankan oleh American Council on Exercise berisi:

  • Apakah setelah olahraga malam Anda mudah tidur?
  • Apa saat Anda bangun-bangun jadi lesu?
  • Apa terjadi perubahan kebiasaan dan nafsu makan?
  • Bagaimana latihan berikutnya dilakukan?

Anda bisa membandingkan efek serta pengaruh tertentu yang terjadi pada tubuh dengan mengumpulkan dan menyesuaikan data di atas. Jika ternyata menunjukkan efek yang kurang baik, ganti waktu olahraga Anda pada pagi atau sore hari. Anda pun bisa mengubah dan menyesuaikan jenis latihan yang dipilih saat berolahraga. Namun, Anda bisa melanjutkan kebiasaan olahraga malam hari ketika tidak ditemui efek tertentu. Tentunya dengan porsi latihan yang pas diimbangi dengan menjaga asupan makanan agar nantinya tidak menimbulkan risiko lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply