Simak Aturan dalam Bermain Bola Kasti Berikut Ini!

Berolahraga tak selalu menjadi momen yang melelahkan. Anda juga bisa menjadikan olahraga sebagai momen menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Masih ingatkah Anda dengan permainan yang biasa dilakukan saat SD yang bernama kasti? Ya, olahraga bola kasti ini menjadi salah satu jenis olahraga yang begitu disukai. Umumnya sejak SD, anak-anak sudah mulai diperkenalkan dengan olahraga ini.

Kasti adalah salah satu permainan yang masuk golongan ke permainan bola kecil. Permainan ini bisa dilakukan secara berkelompok dimana tiap kelompoknya adalah 12 orang dengan menggunakan nomor punggung 1 sampai 12. Permainan ini dilakukan di lapangan yang berbentuk persegi panjang dan dibatasi tali tambang ataupun garis tebal ukuran 5 cm. Untuk bermain, dibutuhkan bola dan juga pemukulnya. Nantinya pemain akan memukul bola dengan pemukul itu.

Mungkin untuk mekanisme permainan kasti sendiri sudah banyak yang tahu, namun untuk aturannya masih banyak yang belum mengetahuinya yaitu:

  • Jumlah pemain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam kasti aturannya adalah dengan 12 pemain tiap regu dan ada seorang pemain yang menjadi kaptennya.

  • Cara dapat poin

Untuk mendapat poin atau angka ada beberapa cara diantaranya adalah dengan setiap pemukul yang bisa berlari ke tiang hinggap 1, 2 dan 3 lalu kembali lagi ke ruang bebas akan bisa dapat 1 angka. Selanjutnya jika pukulan berhasil baik sehingga pemukulnya bisa langsung kembali ke ruang bebas maka nilai yang didapat adalah 2, sedangkan bila regu penjaga bisa menangkap bolanya langsung dengan baik maka bisa dapat 1 nilai pada regu penjaganya.

  • Ganti tempat

Pergantian tempat ini akan bisa dilakukan pada permainan bola kasti jika regu pemukul terkena lemparan sah bola dimana bola ditangkap 3 kali berturut-turut dari regu penjaganya serta dengan alat pemukul lepas saat melakukan pukulan yang bisa membahayakan lawannya.

  • Wasit

Tiap pertandingan kasi harus dipimpin wasit dan dibantu dengan tiga penjaga garisnya. Selain itu ada juga satu orang pencatat nilai serta pencatat waktu.

  • Kesempatan memukul

Untuk kesempatan memukul pada setiap pemukul adalah sekali saja, kecuali untuk pemukul terakhir dimana mendapatkan 3 kali pukulan berurutan.

  • Waktu permainan

Untuk lama waktu permainan pada olahraga kasti adalah 2 x 30 menit dengan dibagi dua babak dan sekali istirahat 10 menit.

Itulah aturan yang ada pada permainan bola kasti. Penentuan pemenang sendiri bisa diketahui dengan regu yang nilainya terbanyak. Kelihatannya memang cukup rumit, namun ketika dimainkan kasti ini akan sangat menyenangkan. Anda bisa sesekali mengajak teman untuk bermain kasti sebagai nostalgia masa dulu dimana kasti pernah jadi olahraga favorit.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply