Skateboard olahrga ekstrim yang digandrungi Anak muda

Seiring dengan berkembangnya media untuk olahraga ekstrim  semacam skateboard, popularitas olahraga satu ini pun, semakin meroket. Ya skateboard, kini menjadi olahraga ekstrim yang digandrungi anak muda. Itu bisa terlihat dari antusiaisme para Skater dalam mengikuti Go Skateboarding Day. Ya Go Skateboarding Day, bisa dibilang lebarannya para Skateboarder. Diselenggarakan secara serentak di seluruh penjuru bumi per tanggal 21 juni.

No work. No schooll. Just skate!

Itu menjadi tagline di berbagai media skateboarding. Tanggal itu seolah menjadi hari libur nasional bagi para skateboarder di seluruh penjuru dunia. Awalnya, hanyalah acara kumpul-kumpul skating santai sambil barbequean di California sana. Kini telah berkembang menjadi ajang yang di nanti-nanti oleh seluruh skater di dunia. Tiap negara, tiap kota menyelanggarakannya. Banyak kegiatan yang terselenggara pada hari itu. Seperti Games Of Skate, Long Ollie, High Ollie, Best Trik, Fun Games and many more. Dan tentu yang paling iconic adalah, skating serentak turun ke jalanan kota.  

Kegiatan ini berawal di tahun 2003. Ketika di Amerika sana, skateboarding kerap di sorot kriminal. Maka banyak ditemui, gravity, coretan-coretan, stiker yang berbunyi, Skateboarding is not a crime. Ini tentunya membawa dampak buruk bagi perkembangan skateboarding. Maka di tahun 2004 beberapa perusahaan skateboarding internasional,  membuat sebuah kegiaatan bertajuk Go Skateboarding Day. Dengan tujuan mengenalkan skateboard ke masyarakat luas. Mengenalkan apa sesungguhnya yang ada dalam skateboarding, menepis anggapan masyarakat bahwa skateboard bukanlah kumpulan anak-anak berandal, namun lebih kepada pelestarian budaya asal skateboarding.  

Baca Juga: Sejarah Olahraga Ekstrim Skateboard

Respon yang diterima masyarakat cukup baik dan beragam. karena pada hari itu, para skater tumplek blek di jalanan membaur dengan masyarakat luas. Seperti di Indonesia, yang tahun ini bertepatan dengan Puasa Ramadhan. Kegiatan turun di jalanan di mulai sore hari dengan membagikan takjil kepada orang-orang yang dilewati dalam rute parade. Semakin ke sini, perkembangan skateboarding di dunia, semakin signifikan. Yang dulunya begitu susah dan mahal untuk dapat memainkan olahraga ini, kini hampir semua anak muda bisa mendapatkan perlengkapan-perlengkapan ini dengan mudah. Mulai dari papan skate, roda, trucks, nuts, griptape, hingga clothing apparel. Yang dulu papan skate didominasi oleh brand-brand luar negeri, kini telah banyak bermunculan brand-brand dengan ‘rasa lokal’ yang kualitasnya tidak kalah dengan buatan luar.

Skate culture, telah melanda hampir seluruh anak muda dunia. Walaupun penuh resiko, tetap saja banyak peminatnya. Olahraga ekstrim ini memang menantang adrenalin. Bila kamu tertarik untuk mencobanya, datanglah ke tempat-tempat yang biasa anak skate di kotamu bermain. Siapkan mental yang kuat dan jangan gampang menyerah. Ride and enjoy!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply