Srikandi Olahraga Angkat Beban Indonesia yang ‘Perkasa’

Srikandi Olahraga Angkat Beban Indonesia yang ‘Perkasa’

Angkat beban atau yang lebih dikenal dengan olahraga angkat besi termasuk sebagai salah satu olahraga yang umumnya dilakukan oleh pria dan tidak semua orang bisa mengangkat beban yang berat apalagi di pertandingan dimana berat beban sudah ditentukan. Berikut ini merupakan srikandi Indonesia yang menjadi atlet olahraga angkat beban berprestasi yang wajib Anda tahu.

 Srikandi Olahraga Angkat Beban Indonesia yang ‘Perkasa’

Pertama adalah Sri Wahyuni Agustiani. Wanita yang dipanggil dengan nama Sri ini termasuk sebagai salah satu atlet angkat besi yang paling sukses. Sri berhasil membawa medali emas tepatnya medali perak untuk angkat besi kelas 48 gr saat Olimpiade Rio de Janeiro Brazil yang dilakukan di tahun 2016 silam. Sri berhasil mengangkat 192 kg namun kalah dari Sopita Tanasan yang merupakan atlet asal Thailand yang mampu mengangkat hingga 200 kg. Walaupun hanya mendapatkan perak, namun prestasi SRI bisa dikatakan gemilang karena baru pertama kalinya mengikuti Olimpiade setelah sebelumnya di kelas 48 di Asian Games Incheon, Korea Selatan berhasil menyumbangkan prestasi untuk Indonesia. 

Kedua adalah Lisa Rumbewas. Walaupun memiliki badan yang terbilang kecil, Lisa Rumbewas berhasil menjadi salah satu atlet olahraga angkat beban Indonesia yang berhasil memberikan torehan gemilang. Atlet ini sukses merebut medali di Olimpiade yang diselenggarakan di Sydney di tahun 2000 dan di Athena, Yunani di tahun 2004. Atlet asal Papua ini meraih perak di kelas 48 kg saat Olimpiade di Sydney dan mampu mengangkat beban hingga 185 kg. Sedangkan di Olimpiade Athena, Lisa yang bersaing di kelas 53 kg berhasil meraih perak dengan total angkatan mencapai 2010 kg.

Ketiga adalah Sri Indriyani. Atlet Indonesia ini juga pernah menjadi salah satu penyumpang medali di ajang Olimpiade yang diselenggarakan di Sydney pada tahun 2000. Atlet kelahiran 12 November 1978 ini bersaing di kelas 48 kg putri dan berhasil membawa medali perunggu setelah mengangkat beban dengan total 182,5 kg. Di kelas 48 kg, Sri mendampingi Lisa di Olimpiade Sydney yang berhasil menyabet medali perak. Selain menjadi peraih medali perunggu, Sri Indriyani juga pernah membawa medali perak di Kejuaraan Dunia tahun 1999 yang diselenggarakan di Athena, Yunani.

Keempat adalah Winarni Binti Slamet. Winarni merupakan atlet Indonesia yang berhasil merah medali perunggu di Olimpiade Sydney yang diselenggarakan di tahun 2000 di kelas 53 kg putri setelah berhasil mengangkat beban dengan total 202,5 kg. Selain itu, sebelumnya Winarni juga berhasil membuktikan jika ia termasuk sebagai salah satu Srikandi berbakat di cabang olahraga angkat beban yang pernah Indonesia memiliki setelah torehan prestasinya di tahun 1997 saat kejuaraan Dunia berlangsung dengan menyabet medali emas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply