Tabata Workout Olahraga Cepat Efektif Menurunkan Berat Badan

Olahraga merupakan hal yang penting yang harus dilakukan, sudah bukan rahasia lagi olahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar, menjaga stamina, menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Namun tidak semua orang memiliki waktu atau rela mengalokasikan uangnya bergabung diklub senam atau gym. Tenang, walaupun Anda tidak memiliki waktu ada jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu Tabata Workout.

Apakah Tabata Workout itu?

Tabata workout adalah salah satu jenis orah raga yang menggunakan gerakan untuk meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Olahraga ini diciptakan pada tahun 1996, oleh Prof. Izumi Tabata dari Ritsumeiken University Jepang.

Tabata sangat praktis dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Hasilnya, Anda bisa buktikan sendiri. Hanya dalam waktu beberapa minggu berat badan Anda bisa turun.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Melakukan Olahraga Ini?

Tabata dilakukan dalam waktu singkat, hanya 4 menit saja bisa berdampak cukup signifikan. Hanya dalam waktu 4 menit melakukan gerakan tabata, Anda sudah dapat meningkatkan kapasitas aerobic, anaerobic dan resting metabolic rate. Selain itu lemak yang menumpuk di dalam tubuh terbakar lebih banyak dibandingkan dengan olahraga aerobic yang dilakukan selama 60 menit.

Seperti Apa Gerakan Dasar Olahraga Ini?

Ada banyak latihan dan alat bantu yang bisa dilakukan untuk melakukan olahraga ini. Yang paling sederhana, bisa menggunakan gerakan push-up, plank, squat atau angkat beban. Penting untuk Anda lakukan yaitu melakukan sesi latihan sebanyak 4x dalam olahraga ini. Misalnya sebagai contoh Anda bisa melakukan gerakan Tabata sebagai berikut:

Baca juga: 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Olahraga Yoga

  1. Push up selama 20 detik, kemudian istirahat selama 10 detik.
  2. Kemudian lanjutkan dengan melakukan gerakan Squats, selama 20 detik dan istirahat lagi 10 menit.
  3. Setelah itu lakukan gerakan Medicine ball slams selama 20 detik dan istirahat lagi selama 10 menit.
  4. Terakhir lakukan gerakan jumping rope selama 20 detik, lalu istirahat.

Lakukan gerakan-gerakan tersebut hingga 8x atau hingga 16  menit. Sebelum melakukan gerakan Tabata, awali dengan melakukan pemanasan dan pendingingan yang tepat untuk menghidari terjadi cidera.

Apa Manfaat Melakukan Olahraga Ini?

Menurut studi yang dilakukan oleh penemunya Prof Izumi Tabata, jika melakukan olahraga ini terbukti dapat meningkatkan kekuatan/ daya tahan tubuh dan mengajarkan tubuh untuk menoleransi asam laktat yang menjadi penyebab pegal, linu dan kaku pada otot.

Manfaat lainnya melakukan olah raga ini adalah meningkatkan metabolisme di dalam tubuh meningkat sehingga lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa terbakar sampai 24 jam setelah melakukan Tabata workout. Karena manfaatnya itulah olahraga ini cocok dan efektif digunakan untuk menurunkan berat badan.

Be Sociable, Share!

One thought on “Tabata Workout Olahraga Cepat Efektif Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply