Taekwondo, Salah Satu Seni Beladiri yang Kini Sedang Digemari

Menguasai seni beladiri merupakan suatu kelebihan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan seni beladiri, Anda minimal bisa mempertahankan keamanan diri dari ancaman orang lain. Ada banyak seni beladiri yang bisa dipelajari untuk membekali diri Anda salah satunya adalah seni beladiri tae kwon do. Tae kwon do sering juga disebut sebagai taekwondo karena pengucapannya yang lebih mudah untuk bangsa Indonesia. Tae kwon do sendiri merupakan seni beladiri dari negara Korea yang sudah lama masuk ke negara kita dengan berbagai perkumpulan pelatihan yang kini ada di setiap kota besar.

Tae dari segi harfiah katanya berarti tendangan, Kwon adalah tinju sedangkan Do berarti jalan. Jika digabungkan, maka seni beladiri ini memiliki arti sebuah seni beladiri dengan gabungan tendangan, tinju dan gerakan tubuh untuk mengalahkan lawan. Namun pada prakteknya di Indonesia, beladiri ini lebih banyak mengutamakan penggunaan kaki dan tendangan untuk melakukan serangan-serangan baik jarak jauh maupun dekat. Meski begitu, pada latihan akan tetap diajarkan bagaimana cara mengalahkan lawan dengan menggunakan tenaga tangan serta menghindari serangan dengan berputar atau skip. Namun pada Tae Kwon Do tidak terlalu diajarkan cara untuk bergulat atau berkelahi dalam jarak yang terlalu dekat.

Ada 3 prinsip pokok yang diajarkan di taekwondo yaitu:

  • Poomase.

Poomase merupakan rangkaian jurus yang berisi serangan serta pertahanan dari lawan yang imaginer atau khayalan. Serangan atau pertahanan tersebut mengikuti diagram yang diperoleh dari sudut pandang bangsa Korea kuno.

  • Kyokpa.

Merupakan tehnik pemecahan yang menggunakan sasaran tertentu. Biasanya untuk latihan disediakan sasaran dari benda mati misalnya sasak atau batu bata sehingga dapat mengukur tingkat kecepatan maupun keakurasian serangan. Gerakan kyokpa dilakukan dengan tangan, tendangan, badan serta tusukan jari tangan.

  • Kyorugi.

Merupakan pertarungan antar 2 orang untuk mempraktekkan tehnik poomase dan kyokpa yang telah dimiliki. Pada kyorugi akan bisa dinilai dengan lebih akurat kualitas pertahanan yang dimiliki.

Dalam tae kwon do, terdapat beberapa warna sabuk yang menandakan jenjang pelatihan yang sedang dilalui. Warna sabuk tae kwon do dari urutan dasar yaitu:

Pelajari dulu teknik teknik dasar taekwondo agar tubuh mu terbiasa melakukan gerakan gerakan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Baca selengkapnya di tokolahraga.com

  • Putih.
  • Kuning.
  • Hijau.
  • Biru.
  • Merah.
  • Hitam.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai taekwondo yang saat ini menjadi seni beladiri yang digemari masyarakat Indonesia modern. Dengan memiliki kemampuan beladiri apapun itu Anda akan bisa melindungi diri sendiri setidaknya mempertahankan keamanan diri dengan baik. Namun perlu diperhatikan untuk tidak salah mempergunakan ilmu beladiri untuk hal-hal yang justru merusak karena tidak sesuai dengan tujuan seni beladiri maupun norma sosial di masyarakat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply