Tak Jadi Penghalang: Berikut Penyandang Disabilitas dan Prestasi yang Diraihnya

Asian Para Games (INAPG) adalah acara multiolahraga internasional pertama di Asia yang melibatkan atlet dengan keterbatasan yang dimilikinya. Pada tahun ini, kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Indonesia. Dengan terlaksananya acara ini, pemerintah dan pihak penyelenggara ingin mempromosikan olahraga secara khusus bagi para penyandang atlet cacat untuk Warga Negara Indonesia (WNI), sehingga ke depannya dukungan untuk olahraga ini diharapkan semakin meningkat. Lebih dari itu, acara ini diharapkan dapat menjadi langkah besar bagi perubahan bahwa semua orang dari berbagai kalangan masyarakat memiliki hak dan peluang yang sama untuk bersaing bahwa kekurangan bukanlah kendala untuk berprestasi dalam bidang olahraga ataupun bidang-bidang lainnya yang disukai.

atlet asean para games 2018

Sebagai tuan rumah, Indonesia adalah negara ketiga penyelenggara Asian Para Games, setelah China (2010) dan Korea Selatan (2014). Agar terselenggara dengan baik, berbagai cara mulai dilakukan. Beberapa yang krusial di antaranya adalah dengan pembentukan Panitia Penyelenggara Permainan Asia Indonesia (INAPGOC) serta pembentukan asian para games volunteer yang ditujukan untuk mempersiapkan pelaksanaan Asian Para Games (INAPG) 2018.

Dengan sebuah semangat yakni bahwa olahraga dapat menumbuhkan harapan baru, Pemerintah Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengambil tantangan untuk menyelenggarakan Indonesia 2018 Asian Para Games untuk melebihi keberhasilan yang telah dicapai pada acara sebelumnya. Pada tahun ini, perhelatan besar olahraga bagi penyandang disabilitas tersebut diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 8 hingga 16 Oktober 2018. Agar lebih termotivasi, berikut adalah catatan sejarah yang telah dibuat oleh para atlet kita!

Asian Para Games 2010

Asian Para Games pertama ini diselenggarakan di Guangzhou, China pada tanggal 12 hingga 19 Desember Tahun 2010. Pada kesempatan ini, Indonesia yang semenjak tahun 1951 telah aktif berpartisipasi dalam mengirimkan atletnya di ajang Asian Games, untuk kali pertama mengirimkan perwakilannya dalam perhelatan besar bagi penyandang disabilitas ini. Pada 19 cabang olahraga yang diperlombakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 41 negara dengan jumlah atlet yakni 2.405. Hasilnya, Indonesia berada di peringkat 14 pada klasemen perolehan medali dengan total 11 medali yakni 1 buah medali emas, 5 buah medali perak, dan 5 buah medali perunggu. Sebuah medali emas pertama tersebut diraih di cabang lomba Bulutangkis.

Asian Para Games 2014

Kegiatan Asian Para Games 2014 diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan pada tanggal 18 hingga 24 Oktober Tahun 2014. Pada ajang ini, Indonesia ikut serta dalam sembilan mata lomba yakni panah, atletik, bulutangkis, powerlifting, renang, bowling, tenis meja, rugby kursi roda, dan tenis kursi roda. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat 9 pada klasemen total peraihan medali yang kemudian menjadi momentum bersejarah atas peningkatan prestasi Indonesia dalam kancah Asia. Pada kesempatan ini, kontingen Indonesia berhasil memperoleh medali sebanyak 38 buah dengan 9 (sembilan) buah medali emas di dalamnya.

Adapun medali emas diperoleh oleh para atlet sebagai berikut: Agus Susanto (cabang lomba tenis meja kursi roda), David Jacob (cabang lomba tenis meja), dua emas diperoleh oleh Mulyana (cabang lomba renang 50 meter gaya kupu-kupu dan gaya bebas), Melianus Marinus Yowei (cabang renang gaya dada 100 meter), Freddy Setiawan (cabang bulutangkis tunggal putra), Ukun Rukaendi (cabang bulutangkis tunggal putra), Freddy Setiawan dan Reani Ratri Oktilla (cabang bulutangkis ganda campuran), dan emas terakhir untuk Indonesia disumbangkan oleh atlet Hary Susanto dan Ukun Rukaendi (cabang bulutangkis ganda putra).

Demikianlah catatan sejarah yang telah dibuat oleh para atlet dalam ajang Asian Para Games. Dengan segala kekurangan yang dimiliki, semoga para atlet kita yang berjuang dalam ajang perhelatan besar yang salah satunya disponsori oleh Bukalapak ini dapat menorehkan prestasi yang membanggakan, Mari kita dukung lagi para atlet difabel tanah air agar bisa tetap menorehkan prestasi yang membanggakan dengan membeli tiket asian para games di https://www.bukalapak.com/event/asian-para-games. Salam olahraga!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply