Tata Cara, Teknik dan Gerakan Dasar Pencak Silat

Seni bela diri  pencak silat cukup mempunyai sejarah panjang,memang cukup populer dan terkenal.  Seni bela diri klasik yang berasal dari kekayaan Nusantara ini. memang cukup banyak diminati oleh segelintir kalangan. Kemudian menyebar, sampai di kawasan negara-negara asia tenggara.

Berbagai segala teknik dan gerakan dasar pencak silat, telah berkembang selama beratus-ratus tahun silam. Yang kemudian dipraktekan oleh para pesilat amatir maupun professional. Menurut beberapa sumber, dan data yang kami dapatkan selama ini, pencak silat memiliki trik dan tips teknik dalam gerakan serangan, maupun gerakan defense. Bisa menggunakan, kaki, lutut, tangan, lengan, telapak kaki apapun bisa digunakan dalam teknik serangan atau teknik bertahan.

Di bawah ini, kami akan berikan sedikit tata cara, teknik dan gerakan dasar dari seni bela diri, pencak silat. Yang kami dapatkan dari para ahli, pustaka dan historis yang berkembang.

Jurus

Pesilat berlatih dengan jurus-jurus. Jurus ialah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah, yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan tehnik-tehnik lanjutan pencak silat (buah), saat dilakukan untuk berlatih secara tunggal atau berpasangan. Penggunaan langkah, atau gerakan kecil tubuh, mengajarkan penggunaan pengaturan kaki. Saat digabungkan, itulah Dasar Pasan, atau aliran seluruh tubuh.

  • Gerakan Dasar
  • Pengertian

Pencak silat ialah sistem yang terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat. Bentuk-bentuk gerakan dasar antara lain:

a). Belaan: pembuangan-tangkisan-hindaran/elakan-pelepasan kuncian-tangkapan

Belaan adalah suatu usaha mempertahanka diri yang dilakukan baik dengan tangan maupun kaki sewaktu menerima serangan.

Macam-macam belaan antara lain:

  • Pembuangan:

Pembuangan adalah teknik belaan yang dilakukan dalam keadaan memaksa dengan jalan membuang tenaga serangan lawan.

  • Tangkisan

Tangkisan adalah teknik belaan dengan cara mengadakan kontak langsung (benturan) terhadap serangan lawan, dengan jalan membendung atau mengalihkan serangan. Berbagai posisi dalam menangkis dapat dilakukan, baik dengan melangkah maupun diam di tempat, dengan memperhitungkan posisi terbaik atau menguntungkan untuk melakukan serangan balasan yang cepat. Yang perlu diperhatika dalam tangkisan adalah koordinasi antara sikap kuda-kuda, sikap tubuh dan sikap tangan.

Baca Juga: Mari Mengenal Sejarah Pencak Silat

Adapun tangkisan terdiri dari dua macam, yaitu:

– Tangkisan (benturan) dengan tangan

– Tangkisan (benturan) dengan kaki

  • Hindaran/elakan

Hindaran/elakan adalah teknik belaan dengan cara memindahkan sasaran dari lintasan serangan.

Teknik elakan dapat dilakukan dengan cara:

– Melangkah dengan satu kaki

– Di tempat

– Memindahkan dua kaki

Elakan yang baik dalam gerakan pencak silat adalah dapat menghindarkan serangan dan dapat melakukan gerakan lanjuta (pola sambut) dengan baik).

  •  Pelepasan Kuncian

Pelepasan kuncian adalah usaha untuk melepaskan diri dari tangkapan lawan, dilakukan dengan cara menggunakan satu tangan atau dua tangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply