Teknik dan Gaya Dasar Loncat Indah yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini dunia olahraga sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan banyak munculnya cabang olahraga baru yang meramaikan pesta olahraga baik tingkat nasional hingga internasional. Salah satu cabang olahraga yang banyak diminati adalah loncat indah. Memang olahraga yang satu ini bukan olahraga baru, namun tetap saja kepopulerannya tidak surut. Olahraga loncat ini sendiri dilakukan dengan loncatan melalui papan tolak lalu melakukan gerakan udara sebelum akhirnya masuk ke air dengan terjun.

Pada dasarnya olahraga ini adalah olahraga yang menggabungkan antara olahraga senam serta seni kelenturan pada tubuh yang dimainkan di ketinggian tertentu. Olahraga ini memang agak ekstrim mengingat ketinggian dari papan tolaknya cukup membuat bulu kuduk bergidik. Namun ternyata peminat untuk olahraga ini tidak sedikit. Jika Anda adalah salah satu yang tertarik untuk menjadi atlet profesional atau sekedar ingin latihan, maka Anda juga butuh tahu teknik serta gaya pada olahraga ini. Berikut ini ulasannya:

  • Loncat duduk

Yang pertama ada teknik loncat duduk. Untuk teknik ini, sikap pertama yang harus dilakukan adalah dengan duduk pada ujung papan loncat terlebih dulu dengan menghadap ke air. Untuk persendian lututnya harus tepat diletakkan pada ujung papan sehingga tungkai bagian bawahnya menggantung. Selanjutnya kedua tangan lurus ke atas kepala lalu ayunkan tangan ke depan bersama badan dan tangan yang juga mengguling ke muka sehingga tangan tiba lebih dulu ke air.

  • Loncat berbaring

Teknik loncat indah yang kedua adalah dengan loncat berbaring dimana diawali dengan sikap kepala yang telentang dengan kepala melewati ujung papan loncatnya. Ujung papan harus dipegang agar kedua ibu jari ada di atas papan samping telinga. Kedua kakinya diayunkan lurus secara kuat lewat kepala. Dengan memutar pada sumbu tekuk lalu masuk ke dalam air. Bagian tubuh pertama yang masuk ke air adalah kaki.

Baca Juga:Serba Serbi Olahraga Loncat Indah Yang Perlu Diketahui

  • Loncat lurus

Loncatan lurus bisa dilakukan dengan mengawali berdiri dengan menghadap air. Setelah itu mulai gerakan dengan mengayunkan lengan ke bagian belakang bersama dengan kaki ditolak ke atas dan loncat ke depan. Ketika loncatan, maka tubuh peloncat tidak diperkenankan untuk tertekuk pada lutut maupun paha. Selain itu lengan juga harus lurus dengan ujung jari setajam mungkin.

Itulah beberapa teknik loncatan pada olahraga loncat indah. Semakin lama Anda berlatih dan melakukannya, maka semakin baik dan luwes juga loncatan bisa dilakukan. Untuk itu, jika ingin bisa meloncat seperti para atlet profesional, maka berlatih terus menerus juga harus dilakukan. Mungkin di awal akan banyak kesalahan dan cedera, namun lama kelamaan akan terbiasa dan mampu melakukan loncatan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply