Teknik Dasar Bermain Tenis Meja

Salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola kecil adalah tenis meja. Dalam kejuaraan dunia biasanya terdapat dua kategori yang dipertandingkan yaitu kategori tunggal dan kategori ganda. Sedangkan untuk partai ganda terdapat dua kategori pula yaitu ganda putri dan ganda putra. Apabila Anda memiliki hobi bermain olahraga yang satu ini dan ingin bermain dalam sebuah kejuaraan atau dalam kompetisi dapat melatih beberapa teknik dasar yang diperlukan, antara lain:

  • Teknik Grip (Cara Memegang Bet)

Memegang bet dengan baik dan benar menjadi salah satu faktor penting yang harus dikuasai. Terdapat dua teknik dalam memegang bet yaitu teknik shakehand grip dan teknik penhold grip. Teknik shakehand grip merupakan salah satu teknik yang sangat populer di eropa. Teknik memegang bet ini layaknya memegang bet seperti sedang berjabat tangan. Sedangkan teknik penhold grip sangat populer di wilayah asia. Teknik memegang bet dengan penhold grip layaknya memegang bet seperti sedang memegang pena.

  • Teknik Stance (Posisi Tubuh Dalam Keadaan Bersedia Siap)

Teknik stance merupakan teknik menempatkan posisi kaki, tangan dan badan ketika sedang menunggu datangnya bola ataupun sedang memukul bola. Ada dua jenis teknik stance yaitu square stance dan side stance. Teknik square stance mengharuskan posisi badan menghadap sepenuhnya ke arah meja dengan posisi kaki sejajar dengan meja. Sedangkan teknik side stance dimana posisi tubuh menyamping ke arah kanan ataupun ke arah kiri. Posisi salah satu bahu berada di dekat meja.

  • Teknik Footwork (Gerakan Kaki)

Gerakan kaki atau teknik footwork dalam permainan tenis meja dibedakan berdasarkan kategori, yaitu kategori nomor tunggal dan kategori nomor ganda. Penggunaan langkah gerakan kaki dapat disesuaikan dengan arah datangnya bola ataupun arah pengembalian bola ke daerah lawan. Jika jaraknya dekat Anda dapat melakukan gerakan langkah satu satu langkah untuk melakukan serangan.

Baca Juga : Ingin Pandai Bermain Tenis Meja? Pelajari Dulu Teknik Dasarnya

  • Teknik Stroke (Pukulan)

Terdapat dua teknik pukulan yaitu pukulan forehand dan pukulan backhand. Pukulan forehand dilakukan ketika posisi bola berada di kanan tubuh. Jika Anda termasuk dalam orang kidal maka posisi bola berada di kiri tubuh. Sedangkan pukulan backhand dilakukan ketika posisi bola berada di kiri tubuh. Jika Anda termasuk dalam orang kidal maka posisi bola berada di sisi kanan tubuh.

  • Service Atau Servis

Gerakan memukul bola sebagai awalan permainan dalam olahraga tenis meja menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Dikarenakan apabila melakukan kesalahan dalam melakukan servis, permainan akan berlangsung tidak seperti yang diharapkan. Terdapat beberapa teknik servis dalam olahraga ini yaitu forehand topspin, backhand topspin, forehand backspin, backhand backspin. Topspin berarti putaran bola searah jarum jam sedangkan backspin putaran bola berlawanan dengan arah jarum jam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply