Teknik Dasar Pada Olahraga Tenis

Teknik Dasar Pada Olahraga Tenis

Pada perkembangannya permainan tenis lapangan dapat dimainkan di lapangan yang terbuat dari beton, semen, papan kayu maupun bahan keras lainnya yang dulunya dari lapangan yang berumput. Pemain pada tenis lapangan terdiri dari 2 hingga 4 orang apabila 1 lawan 1, maka ini disebut dengan single dan apabila 2 lawan 2 disebut dengani double.

Teknik Dasar Pada Olahraga Tenis

Kalau Anda merupakan pemula permainan ini, anda perlu mengetahui teknik dasar pada tenis lapangan ini yang akan dijelaskan sebagai berikut;

  • Teknik Memegang Raket

Bagi para pemula teknik dasar yang harus dipelajari adalah cara memegang raket tenis. Dalam permainan tersebut lapangan ada 3 jenus teknik memegang raket, yaitu pertama continetal dimana tangan diposisikan pada gagang raket dan telunjuk ditempatkan disudut empat jari yang cocok untuk pukulan datar atau mengiris, kedua adalah western dimana seperti kita memagang wajan dengan pangkal telunjuk berada pada gagang raket yang cocok untuk pukulan top spin dan ekstrem, dah terakhir forehand eastern merupakan pukulan yang cocok untuk pemula cara memegang raketnya seperti saat kita berjabatan tangan cocok untuk pukulan datar, slice dan spin.

  • Teknik Servis

Servis adalah pukulan pembuka dalam sebuah permainan. Dalam tenis ada beberapa  3 teknik servis seperti slice service, flat serve, dan American twist. Cara memukul bola diawali dengan mengambil posisi dibelakang garis baseline dengan kaki kanan di belakang kaki kiri lalu lempar keatas sedikit didepan kepala dengan ketinggian sekitar 20 hingga 30cm. Pastikan juga tangan lurus keatas lalu ketika bola telah melambung ayunkan raket kearah belakang dan  pukul bola jika sudah berada dititik kontak sambil mengarahkan badan kearah depan dan tumpukan kaki depan ke belakang untuk service yang bertenaga. Setelah memukul segera harus mengambil posisi untuk siap kembali untuk memukul bola selanjutnya.

  • Teknik Dasar Memukul Bola

Ada beberapa jenis pukulan dalam tenis lapangan yaitu seperti berikut;

  • Pukulan Lob – Teknik ini dapat disebut juga dengan pukulan melambung. Pukulan berlangsung sedikit pelan namun bola dapat melambung melewati lawan yang akhirnya dapat jatuh digaris belakang yang berguna agar pemain lawan terhambat mendekati net.
  • Pukulan Voli –  Pukulan ini adalah cara memukul bola sebelum bola jatuh kedalam lapangan biasanya menggunakan backhand ataupun forehand.
  • Pukulan Overhead Smash – Pukulan ini bertujuan untuk memetahkan bola lambung yang berada didekat sekitar net. Pukulan ini seperti anda melakukan service namun tanpa mengayun raket kebelang terlebih dahulu.
  • Pukulan Chop – Pukulan ini dimulai dari atas ke bawah sehingga bola akan memutar ke belakang
  • Pukulan Backhand dan Forehand  – Untuk melakukan pukulan ini anda dapat memegang raket menggunakan teknik forehand eastern dengan erat agar pukula terkendali dengan baik.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply