Teknik Smash Menjadi Pusat Perhatian pada Permainan Bulu Tangkis

Teknik Smash Menjadi Pusat Perhatian pada Permainan Bulu Tangkis

Cabang olahraga yang cukup digemari di Asia Tenggara dan Tiongkok adalah bulu tangkis atau badminton. Banyak atlet-atlet muda yang berasal dari Indonesia mengukir prestasi pada cabang olahraga ini. Prestasi di usia muda tentunya membuat siapa pun akan terinspirasi dan ikut terjun bermain.

Teknik Smash Menjadi Pusat Perhatian pada Permainan Bulu Tangkis

Bermain bulu tangkis ternyata tidak serumit bermain basket. Anda akan mendapatkan poin jika berhasil memasukkan bola ke dalam lapangan lawan. Salah satu teknik yang paling ditunggu adalah smash-an dari para pemain. Teknik ini memang begitu memukau penonton. Anda yang masih pemula bisa menguasai teknik ini layaknya para pemain profesional. Cukup banyak teknik yang bisa Anda lakukan untuk melakukan smash. Berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk melatih teknik smash.

Otot Tidak Boleh Terlalu Tegang

Saat bertanding pada permainan bulu tangkis, Anda pasti akan melakukan apapun untuk mendapatkan yang terbaik. Tak jarang banyak pihak luar yang ikut memberikan tekanan kepada Anda. Nah saat Anda mengalami ini dan merasa stres kemungkinan otot-otot Anda juga akan merasakan tegang. Keadaan otot yang tegang ini akan memperlambat gerak tubuh termasuk saat memberikan smash. Mengingat saat melakukan smash, otot harus rileks sehingga selalu siap dan dinamis agar energi bisa terkumpul dan melakukan smash dengan maksimal.

Pergelangan Tangan Sangat Penting

Cara Anda memegang raket sebaiknya tidak terlalu kuat karena kekuatan otot tangan saat memegang raket akan berpengaruh pada akurasi dan kecepatan. Sehingga jangan banyak menggunakan tenaga di awal permainan, nantinya justru Anda akan kehilangan energi untuk melakukan smash. Sebenarnya bukan pada otot kita mengandalkan smash tajam tetapi penggunaan pergelangan tangan yang tepat.

Kecepatan Shuttlecock

Saat bermain bulu tangkis, sebaiknya Anda melatih diri secara fisik terutama pada kecepatan berlari dan kelincahan tubuh. Kedua cara ini akan membantu Anda meningkatkan akurasi saat melakukan smash. Anda harus mampu memperkirakan dan mengamati jalur dari shuttlecock sebelum jatuh ke tanah, dari sana Anda bisa memberikan gerakan yang pas dan memberikan serangan dengan tenaga terbaik.

Hindari Mengayun Lengan Berlebihan

Smash yang kuat dilakukan dengan mengandalkan pergelangan tangan bukan dari gerakan lengan maupun pundak. Namun Anda bisa menggunakan sedikit dari kedua bagian ini saat mengayunkan raket sebelum memukul shuttlecock. Saat mengayunkan lengan, sebaiknya jangan Anda lakukan dengan berlebihan atau sampai menghabiskan tenaga, cukup lakukan dengan gerakan seperempat lingkaran atau seperti sedang mencambuk.

Teknik Lompat Gunting (Scissors Jump) Perlu Dilatih

Teknik smash pada permainan bulu tangkis bukan hanya tentang memukul shuttlecock, Anda bisa melakukan lompatan untuk memperkuat smash. Dengan lompat gunting yaitu berlari ke arah shuttlecock lalu melompat dengan posisi kaki bagian kiri di depan, sedangkan yang kanan ada di belakang. Posisi tubuh Anda diputar ke kiri lalu memukul shuttlecock. Secara tidak langsung Anda akan mendapatkan tambahan tenaga untuk melakukan smash.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply