Terapkan 4 Tips Ini Agar Teratur Melakukan Yoga di Rumah

Terapkan 4 Tips Ini Agar Teratur Melakukan Yoga di Rumah

Gerakan yoga yang dilakukan secara rutin terbukti menawarkan segunung manfaat bagi pelakunya sehingga usahakan jangan berhenti begitu saja. Olahraga dengan gerakan lembut ini ternyata efektif memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, dan mengontrol emosi. Menikmati olahraga inipun ternyata tak harus berlelah ria menyambangi studionya karena bisa dilakukan dimana saja. Bahkan di rumah sendiri sehingga merasa nyaman karena mendapatkan suasana dan kondisi lingkungan yang mendukung. Namun usahakan sudah memilih ruangan yang tepat di rumah.

Terapkan 4 Tips Ini Agar Teratur Melakukan Yoga di Rumah 

Apabila merasa ragu melakukan olahraga ini di rumah karena malas, kelelahan, atau malah khawatir mengalami cedera. Coba simak tips ini agar menepis semua keraguan tersebut:

  • Memilih ruangan yang tepat,

Langkah pertama agar bisa merasa nyaman menikmati olahraga satu ini di rumah adalah memilih ruangan atau area yang tepat di rumah. Disarankan memilih area yang dekat dengan taman atau jendela sehingga mendapatkan sensasi alam. Seperti semilir angin yang berhembus, suara aliran air dari kolam di halaman, dan sejuknya embun di pagi hari. Jadi silahkan memilih area yang benar-benar tepat untuk olahraga satu ini.

  • Menyediakan perlengkapan yang memadahi,

Gerakan yoga tak selamanya simpel namun tak perlu pula buru-buru melakukan gerakan yang ekstrim dan menuntut keseimbangan tubuh. Supaya nyaman dengan semua gerakan yang disukai, dibutuhkan, ataupun yang mampu dilakukan. Pastikan sudah menyiapkan peralatan olahraga ini di rumah minimal sudah menyediakan matras sehingga tidak bersentuhan dengan dingin dan kerasnya lantai rumah. Ada banyak perlengkapan untuk olahraga ini dan tak perlu dibeli semua, cukup yang memang Anda butuhkan saja.

  • Memilih gerakan yang aman dan nyaman,

Berhubung olahraga satu ini juga punya dampak cedera meski kecil tetap saja harus berhati-hati maka teliti dalam memilih gerakan. Apabila masih pemula pilih gerakan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan sekaligus memiliki resiko yang sangat minim. Kemudian akan lebih baik lagi jika memiliki tutorial, maka silahkan membeli DVD berisi video latihan olahraga ini dipandu oleh instruktur berpengalaman. Cukup sekali membelinya namun bisa dilakukan sampai kapanpun sehingga termasuk opsional yang hemat dan menyenangkan.

  • Berusaha untuk rutin melakukannya,

Latihan gerakan apapun memang awalnya akan terasa sulit dan bahkan menimbulkan sensasi nyeri. Namun asalkan dilatih dengan teliti dan hati-hati tubuh akan terbiasa karena otot akan semakin lentur. Agar semangat melakukan olahraga ini secara teratur di rumah baiknya mulai menyusun jadwal latihan. Apabila dijadwalkan setiap hari minimal 15 menit saja maka dijamin Anda akan ketagihan dan selalu berusaha menikmatinya meski untuk gerakan super sederhana. Jadi kuncinya adalah selalu tekun berlatih yoga di rumah tanpa absen sehari pun agar tetap semangat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply