Ternyata Yoga Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kaum Adam

Ternyata Yoga Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kaum Adam

Olahraga adalah aktivitas yang baik untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Salah satu olahraga yang saat ini banyak peminatnya adalah yoga. Jika olahraga jenis ini banyak dilakukan oleh kaum wanita, ternyata para pria juga dapat melakukannya. Tanpa disadari, ternyata olahraga ini akan memberikan beribu manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat oleh kaum pria saat melakukan olahraga asah mental ini, diantaranya:

Ternyata Yoga Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kaum Adam

Keseimbangan Tubuh Semakin Kuat dan Terjaga

Gerakan pada yoga sangat beranekaragam dengan segala keunikannya seperti gerakan plank, down dog, twisting, lateral, spinal-arch dan sebagainya. Berbagai gerakan tersebut akan melatih otot Anda dengan kapasitas baru tetapi menggunakan cara yang berbeda dari angkat beban, jika olahraga ini rutin dilakukan maka semakin hari keseimbangan otot akan terbentuk dan tentunya semakin kuat pula. Pada intinya olahraga ini akan mencegah cidera dan lebih meningkatkan mobilitas.

Peningkatan Jangkauan Gerak Tubuh

Jangkauan gerak tubuh yang dimaksud di sini sedikit berbeda dengan fleksibilitas. Para kaum pria memiliki banyak otot keras seperti otot belakang paha, perut dan bahu yang harus dilatih agar kapasitas rentang geraknya sesuai dengan kebutuhan. Sehingga untuk melatihnya diperlukan olahraga yoga secara rutin agar kinerja otot-otot tersebut bisa optimal. Meningkatnya kelenturan tubuh akan meningkatkan pula kapasitas geraknya.

Memperlancar Pernapasan

Olahraga yoga dapat melatih Anda dalam mengolah pernapasan dengan baik karena olahraga tersebut memberikan tantangan dalam pemusatan energy saat tarikan dan hembusan napas.  Semakin Anda rutin melakukannya maka pernapasan cenderung lebih lambat. Aktifitas ini akan memberikan kesehatan pada paru-paru Anda karena mampu menghirup oksigen lebih banyak.

Penyeimbang Mental, Tubuh dan Holistik

Selain membantu menyeimbangkan otot tubuh, olahraga ini akan lebih mengeksplor kapasitas tubuh, mengatasi stress dan membentuk pribadi yang baik. Kombinasi latihan pernapasan, meditasi pikiran dan relaksasi tubuh akan membantu Anda dalam membentuk pola hidup yang sehat jika olahraga meditasi ini rutin dilakukan.

Sebagai Relaksasi

Sebagian besar kaum pria lebih memilih olahraga gym sebagai rutinitasnya. Namun Anda dapat bergeser dan mencoba olahraga yoga sebagai relaksasi dan pemulihan otot agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Meminimalisir Nyeri dan Cidera

Gerakan yang ada pada olahraga yoga dapat membantu Anda dalam meminimalisir nyeri dan cidera. Hal ini dikarenakan gerakannya yang selaras dan terkontol antara fisik, pernapasan dan sistem penggerak tubuh.

Pembentukan Otot

Jangan hanya mengira bahwa olahraga ini mampu mengurangi stress saja, namun Yoga dapat membantu Anda kaum pria dalam pembentukan massa otot dan kekuatan otot. Olahraga ini akan memberikan jangkauan gerak tubuh yang lebih luas dan peningkatan akses otot ke serat otot hingga terjadinya hipertrofi (sel otot mengalami perkembangan dan pembesaran). Untuk mendapatkan massa otot yang ideal sesuai keinginan, Anda harus mengkombinasikan olahraga ini dengan rutinitas angkat beban.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply