Tips Bermain Taekwondo yang Tepat Menggunakan Tekni Kyukpa

Jika Anda pernah belajar taekwondo, mungkin Anda sudah pernah mendengar teknik seperti Kyukpa. Kyukpa adalah teknik pemecahan benda keras yang menggunakan sasaran benda mati seperti genteng, batu hingga papan kayu. Teknik ini adalah teknik yang dipelajari dalam latihan bela diri tersebut. Lantas, apa tujuan dari latihan kyukpa? Kyukpa memiliki tujuan untuk menguji kekuatan dan ketepatan dari teknik dasar yang dipelajari dalam latihan bela diri ini.

Di dalam melakukan kyukpa, seorang pemain biasanya menggunakan berbagai teknik, entah pukulan, tendangan sabetan sampai tusukan jari. Ketepatan serta penggunaan teknik yang tepat sangat menentukan keberhasilan melakukan teknik kyukpa, sehingga jangan mencoba teknik ini bila belum menguasai teknik dasar. Lantas, bagaimana teknik dasar dalam permainan ini? Pertama, tusukan. Bela diri ini bukan hanya mempunyai jurus andalan di dalam pukulan dan tendangan, tetapi lebih banyak menggunakan tusukan dan sabetan. Untuk tusukan dan sabetan ini biasanya menyerang daerah vital pada lawan. Jenis-jenis tusukannya seperti tusukan 2 jari ke arah mata, tusukan 1 jari ke arah mata, tusukan ke ulu hati menggunakan 4 ujung hari dengan posisi tangan lebih vertikal, tusukan ke arah leher dengan 4 ujung jari, cekikan ke arah leher, sabetan tunggal menggunakan pisau tangan, sabetan luar ke dalam, dan masih banyak lagi.

Kedua, selain tusukan taekwondo juga memiliki tendangan, banyak jenis tendangan yang mematikan dan keren. Sebagai seorang pemula khususnya dalam bela diri ini mengetahui teknik tendangan adalah hal yang wajib diketahui. Ada tendangan ke arah depan dengan menyasar bagian kepala dengan menggunakan ujung depan telapak kaki, tendangan ke samping dengan memutar pinggang serta menendang ke arah perut dan kepala, tendangan mencangkul di arah depan dengan mempergunakan tumit, bagian yang disasar adalah kepala, kemudian mengangkat kaki setinggi mungkin dan menghempaskannya seperti gerakan mencangkul, tendangan memutar di arah belajang, gerakan kaki seperti mengait.

ketiga, teknik pukulan. Bela dini ini banyak diketahui orang juga mengandalkan tendangan, tetapi jangan salah, bela diri ini juga memiliki teknik pukulan yang begitu dahsyat. Di dalamnya terdapat beberapa jenis pukulan seperti pukulan ke atas dengan sasaran kepala, pukulan di arah tengah dengan menggunakan sasaran ulu hati dan perut, pukulan ke arah bawah dengan menggunakan sasaran kelamin lawan, pukulan arah samping dengan posisi badan menghadap lurus depan, hingga pukulan dengan menggunakan kedua tangan dan membentuk huruf C.

terakhir, tangkisan. Tangkisan dalam taekwondo memiliki berbagai teknik dan jenis, memang tidak berbeda jauh dengan bela diri lainnya. untuk tangkisan dasar biasanya dipelajari seperti tangkisan di arah bawah dengan menggunakan kepala, tangkisan di arah atas arah kepala, tangkisan tengah dengan menggunakan luar lengan bawah, tangkisan tengah di dalam ke luar menggunakan bagian lengan bawah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply